Sukseskan Ketahanan Pangan, Satgas YR 321/GT Buka Lahan Perkebunan Bersama Masyarakat Jayawijaya

Lingkungan83 Views
Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad gotong royong membuka lahan perkebunan bersama warga di Kp. Yapema Distrik Asolokobal dan Kp. Tulen Distrik Wita Waya, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Senin (8/5/2023). (foto: hasna)

JAYAWIJAYA – Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad terus berupaya memberikan yang terbaik kepada masyarakat melalui kegiatan gotong royong membuka lahan perkebunan yang dilakukan bersama warga di Kp. Yapema Distrik Asolokobal dan Kp. Tulen Distrik Wita Waya, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad Letkol Inf Ricky J. Wuwung, S.Sos., M.I.P., dalam rilis tertulisnya di Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Papua, Senin (8/5/2023).

“Kami Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad terus berkomitmen untuk selalu membantu masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan dengan memanfaatkan lahan kosong yang dapat menghasilkan komoditi yang bernilai ekonomi,” tutur Dansatgas.

Mayor Inf Abdurrahman Panji Prawira, Wadansatgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad mengatakan kegiatan yang dilakukan oleh anggota Pos Napua Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad merupakan salah satu program unggulan dan juga sebagai implementasi mendukung program pemerintah pusat dan daerah dalam rangka memajukan perekonomian di wilayah Papua.

“Kegiatan di Kampung Yapema Distrik Asolokobal, dengan memanfatkan lahan kosong untuk ditanami tanaman Kacang Kedelai ini merupakan trobosan baru bagi masyarakat dengan adanya peluang yang sangat tinggi karena permintaan pasar untuk kacang kedelai sangat besar terutama pabrik tahu yang berada di Kota Wamena dalam 1 hari membutuhkan setidaknya kurang lebih 1 Ton kacang kedelai, saat ini Kami sudah membuka lahan sekitar 2 hektar yang siap untuk ditanami kacang kedelai,” ungkap Wadansatgas.

“Sedangkan kegiatan di Kampung Tulen Distrik Wita Waya, memanfaatkan lahan kosong untuk di tanami tanaman jagung dan cabai hal ini juga berpeluang besar dikarenakan permintaan pasar yang sangat tinggi, terutama pasar di Jayapura dan Timika,” tambahnya.

Sementara itu, Senkius (40) Kepala Kampung Yapema mengucapkan terimakasih atas perhatian dan kepedulian Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad dalam memberikan contoh cara memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami tanaman pangan dengan harapan dapat tercipta ketahanan pangan di wilayahnya.

Daniel Weslikosai (41) merupakan salah satu warga Desa Tulen merasa senang atas kehadiran personel Pos Napua Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad yang selalu bersama-sama warga dalam setiap kegiatan untuk membantu mengatasi kesulitan di Desanya,” pungkas Daniel.

(rils/hasna)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *