Dukung Ketahanan Pangan, Babinsa Bersama PPL Distan Nogosari Laksanakan Pengubinan

All Berita193 Views
Babinsa Koramil 13/Nogosari Kodim 0724/Boyolali Serka Slamet Fahrudin bersama PPL Dinas Pertanian Kecamatan Nogosari melaksanakan panen ubinan padi di Dukuh Jeron, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, pada Rabu ( 1/3/2023). (foto: kemplu)

 

BOYOLALI – Babinsa Koramil 13/Nogosari Kodim 0724/Boyolali Serka Slamet Fahrudin bersama PPL Dinas Pertanian Kecamatan Nogosari melaksanakan panen ubinan (pengubinan) padi di Dukuh Jeron, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, pada Rabu ( 1/3/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Babinsa Serka Slamet Fahrudin menjelaskan, kegiatan pengubinan dilaksanakan untuk melihat perkiraan hasil panen tanaman padi atau palawija melalui titik sempel dengan cara diukur dengan ukuran 2,5 x 2,5 m² yang kemudian hasilnya diukur dan ditimbang.

”Hasil inilah dapat dijadikan dasar dalam penentuan berapa profitas yang dihasilkan dalam 1 hektar. Sehinga hal ini memudahkan petugas pertanian dalam menghitung target panen. Hal ini sekaligus memudahkan dalam pemantauan lahan pertanian untuk menyukseskan program ketahanan pangan,” jelasnya.

Adapun keterlibatan Babinsa dengan petugas pertanian merupakan satu hal yang tak terpisahkan. Yang mana memiliki kesamaan tujuan dalam mendukung program pemerintah terkait swasemabda pangan.

“Bukan kali ini saja kita turun ke sawah, jauh sebelum musim tanam, kita sudah berbaur dengan petani untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi petani. Sampai akhirnya bisa mencapai masa panen dengan harapan mendapat profitas yang maksimal sehingga petani semakin sejahtera,” pungkas Babinsa.

Sementara itu, Sunaryo (55) selaku pemilik lahan mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Babinsa dan PPL dari Dinas Pertanian Nogosari yang selama ini telah membantu dan mengarahkan petani dalam pertanian.

“Terima kasih pada bapak Babinsa dan PPL Dinas Pertanian Nogosari. Dengan ini juga, saya sebagai petani jadi mengetahui perkiraan hasil sawah yang digarap melalui metode ubinan,” tukasnya.

(kemplu/bus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *