Cegah Malaria Dan DBD, Kodim Yahukimo Lakukan Fogging Areal Perumahan Dan Perkantoran

Kodim470 Views
Tim kesehatan Kodim 1715/Yahukimo melakukan fogging di lingkungan perkantoran dan perumahan dinas, Jum’at (24/2/2023). (foto: istimewa)

 

DEKAI – Tim kesehatan Kodim 1715/Yahukimo melakukan fogging (pengasapan) di lingkungan perkantoran dan perumahan dinas dalam upaya mencegah berkembangnya nyamuk yang dapat menyebabkan malaria dan Demam Berdarah Dengue (DBD), pada Jum’at (24/2/2023).

Dandim 1715/Yahukimo Letkol Inf Johanis Victorianus Tethool mengatakan banwa fogging dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran malaria dan DBD di lingkungan Kodim 1715/Yahukimo.

“Pada awal tahun ini di bulan Januari dan Februari, kasus malaria ini sangat tinggi di wilayah Kabupaten Yahukimo. Ini dilihat dari beberapa anggota yang terkena malaria, dimana penyebaran malaria tersebut melalui nyamuk sehingga langkah dan upaya fogging ini perlu kami ambil,” katanya dalam keterangan yang diterima redaksi, Sabtu (25/2/2023).

Dandim menambahkan bahwa titik-titik pengasapan dilakukan di lokasi hang kemungkinan menjadi sarang nyamuk penyebab malaria dan DBD seperti selokan, parit-parit dan di tempat-tempat yang kemungkinan bisa berkembangnya jentik-jentik nyamuk.

“Selain fokus pada perkantoran, fogging juga dilakukan di perumahan dinas agar keluarga prajurit juga terhindar dari malaria dan DBD. Kami berharap dengan adanya pengasapan ini dapat mencegah dan menekan angka penyebaran malaria dan DBD di Kabupaten Yahukimo,” imbuhnya.

Dandim menegaskan bahwa dalam setiap kesempatan, dirinya juga selalu menekankan kepada para prajurit untuk menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat.

“Tentunya diikuti olahraga rutin dan yang tepenting adalah mengubur benda-benda yang dapat menjadi wadah berkembangbiaknya jentik nyamuk baik di perkantoran maupun di perumahan dinas,” pungkas Dandim.

(rils/has)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *