Sukseskan Ketahanan Pangan Nasional, Kodim 0801/Pacitan Siapkan Lahan Untuk Jagung

Ekonomi76 Views
Kodim 0801/Pacitan saat mempersiapkan 5 hektar lahan untuk ditanami jagung guna mendukung program ketahanan pangan di lingkungan satuan Kodim 0801/Pacitan, Jl. Letjen Suprapto No. 42 Pacitan, Sabtu (2/3/2024).

PACITAN – Kodim 0801/Pacitan telah menyiapkan lahan seluas kurang lebih 5 hektar untuk ditanami jagung guna mendukung program ketahanan pangan, yang berada di lingkungan satuan Kodim 0801/Pacitan, Jl. Letjen Suprapto No. 42 Pacitan, Sabtu (2/3/2024).

Sebelum ditanami, terlebih dahulu dilakukan pengolahan lahan dengan menggunakan mesin bajak termasuk membersihkan gulma, agar nantinya tanaman bisa tumbuh subur dan memberikan hasil yang optimal pada saat panen.

Sementara itu, secara terpisah, Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf Roliyanto S.I.P., M.I.P., menyampaikan, bahwa penyiapan lahan kosong tersebut akan digunakan untuk mendukung program ketahanan pangan dengan ditanami jagung secara serentak pada hari Minggu (3/3/2024) esok.

“Kami menilai penanaman jagung dianggap sebagai langkah strategis untuk meningkatkan produksi pangan selain produksi beras, dalam rangka mencapai swasembada pangan nasional,” ujar Dandim.

Lebih dari itu, dirinya juga meminta bahwa setelah bibit jagung ditanam agar nantinya bisa dirawat dengan baik dengan memberikan pupuk yang cukup dan memperhatikan sistem pengairannya, sehingga memperoleh hasil panen yang maksimal dan berkualitas.

“Mudah-mudahan melalui pemanfaatan lahan kosong dengan menanam jagung, nantinya dapat meningkatkan perekonomian, menekan dampak inflasi sehingga kesejahteraan masyarakat tercapai secara menyeluruh,” tandas Dandim.

(rils/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *