Sentabeng Dilanda Banjir, Satgas Pamtas Yonif 645/GTY Bantu Evakuasi Warga dan Bagikan Sembako

Filantropi722 Views

 

Prajurit Pos Sentabeng Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha membantu evakuasi warga Sentabeng yang terdampak banjir akibat meluapnya air dari sungai di Desa Sekida, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kamis (2/3/2023). (foto: istimewa)

 

BENGKAYANG – Prajurit Pos Sentabeng Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha membantu evakuasi warga di Rt/Rw 10/08 Sentabeng yang terdampak banjir akibat meluapnya air dari sungai di Desa Sekida.

Banjir terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut. Satgas dalam kesempatan tersebut sekaligus membagikan bantuan berupa sembako pada warga pengungsi terdampak banjir bertempat di Dusun Kindaw, Desa Sekida, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang.

Demikian disampaikan Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha, Letnan Kolonel Inf Hudallah dalam keterangan tertulisnya pada media ini, Kamis (2/3/2023).

Hudallah menyampaikan, intensitas hujan yang cukup tinggi sejak beberapa hari belakangan ini, menyebabkan meluapnya air dari anak sungai di Sekida.

“Akibatnya wilayah bawah terendam banjir termasuk wilayah desa binaan dari Pos Sentabeng Satgas Pamtas Yonif 645/Gty,” ujarnya.

Dipimpin oleh Danpos Sentabeng Sertu Arda ditemani 4 orang anggota dengan membawa perahu kayu dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan, satgas menuju lokasi untuk membantu warga yang terkena banjir.

“Alhamdulilah, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun kerugian materiil dialami warga terutama berupa perabot rumah tangga dan peralatan elektronik lainnya,” imbuh Hudallah.

Selain membantu evakuasi, personel Satgas Pamtas Yonif 645/Gty bersama-sama instansi di perbatasan juga membantu pendistribusian bantuan sembako kepada warga yang terdampak banjir. Juga memberikan pengecekan kesehatan dan pengobatan gratis sebagai wujud kepedulian dan sinergi antara Satgas Pamtas Yonif 645/Gty dengan aparat pemerintah serta instansi terkait.

“Semoga dengan bantuan ini dapat meringankan beban warga dan kita semua berharap dampak dari bencana banjir ini segera berakhir, sehingga para warga dapat beraktivitas kembali seperti biasa,” tutur Dansatgas.

Sementara itu, Kepala Desa Sentabeng, Sugianto, mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi keterlibatan personil Satgas Pamtas Yonif 645/Gty dalam membantu evakuasi warga Desa Sentabeng yang terkena banjir serta mendistribusikan bantuan sembako kepada warga di desanya.

“Terima kasih atas kepedulian dan bantuan serta kerja sama yang baik oleh semua pihak terutama dari bapak-bapak TNI dan Polri, sehingga pelaksanaan distribusi bantuan sembako ini dapat berjalan dengan lancar dan aman, semoga amal kebaikan tersebut dibalas oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,” tukasnya.

(rils/bus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *