Perkuat Kerjasama Kelautan, Angkatan Laut Indonesia-India Adakan Latma SS23 di Batam

Angkatan Laut216 Views
Penyambutan tim Kapal Perang India INS Kavaratti-P31 yang bersandar di Dermaga Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau, Minggu (14/5/2023). (foto: darma)

BATAM – Kapal Perang India INS Kavaratti-P31 bersandar di Dermaga Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau, pada Minggu (14/5/2023).

Kedatangan kapal perang India tersebut menyusul KRI Sultan Iskandar Muda-367 yang telah tiba mendahului untuk melaksanakan Latihan Bersama TNI AL-Indian Navy dengan nama latihan Samudera Shakti 23 (SS23) yang akan berlangsung mulai Senin (15/5/2023) sampai dengan Jumat (19/5/2023).

Penyambutan Kapal Perang India tersebut diawali dengan acara sambutan dan tarian adat Melayu serta pengalungan kain tenun kepada Komandan INS Kavaratti-P31 Komandan Rohit Raymond Kattoju.

Turut hadir komandan KRI SIM-367 Letkol Laut (P) Nurulloh Zemy Prasetyo, M.Sc., selaku Dansatgas latihan, yang akan melaksanakan Latma SS23 dimana kapal yang dipimpinnya menjadi pelaku utama latihan bersama kapal perang Indian INS Kavaratti.

Dalam sambutannya, Danlantamal IV menyampaikan bahwa Indonesia dan India memiliki kerja sama yang baik di berbagai bidang. Secara historis, kedua negara telah memiliki hubungan yang kuat dan berlangsung sejak lama. Oleh sebab itu TNI AL bertanggung jawab untuk mempertahankan dan meningkatkan kerja sama dan hubungan terutama dalam hal pertahanan.

“Hubungan antara Angkatan Laut Indonesia dan dan Angkatan Laut India sudah sangat dekat. Itu bisa dilihat di bidang latihan bersama, pendidikan, kursus dan kegiatan Navy to Navy Talk.”

Latihan Samudera Shakti-23 yang akan dilaksanakan bertujuan untuk memperkuat ikatan bilateral tersebut, meningkatkan saling pengertian dan meningkatkan interoperabilitas antara operasi maritim kedua Angkatan Laut.

“Selain itu, latihan ini akan berfungsi sebagai forum untuk pertukaran pengalaman dan pengembangan pemahaman bersama tentang operasi keamanan maritim,” ungkap Komandan Lantamal IV.

(rils/darma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *