Misi Keselamatan: TNI dan BPBD Trenggalek Berantas Bahaya dengan Penebangan Pohon

Koramil59 Views
Anggota Koramil 0806-11 Panggul dan BPBD Trenggalek saat giat penebangan pohon di Jalan Raya Panggul – Dongko, Kabupaten Trenggalek yang berlokasi di RT 28 RW 11 Dusun Pucung, Desa Ngrencak Kecamatan Panggul, Sabtu (6/4/2024). (foto: arwang)

Trenggalek, – Sebuah aksi tegas dan bersatu telah dilakukan oleh Koramil 0806-11 Panggul bekerja sama dengan Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Trenggalek, yang tak lain adalah penebangan pohon di Jalan Raya Panggul – Dongko, Kabupaten Trenggalek. Tindakan ini tidak hanya menjadi sebuah keputusan, tetapi merupakan langkah nyata yang diperlukan untuk menangani potensi bahaya yang mengintai. Lokasi yang menjadi fokus adalah di RT. 28 RW. 11 Dusun Pucung, Desa Ngrencak Kecamatan Panggul, Sabtu (6/4/2024).

Kegiatan penebangan pohon ini bukanlah sekadar urusan satu atau dua instansi, melainkan melibatkan kerjasama erat dari berbagai pihak terkait. Kehadiran tokoh-tokoh seperti Kepala Resor Pengelolaan Hutan (KRPH) Banjar Karyono, Serka Suhardjo dari Koramil 0806-11 Panggul, bersama dengan perwakilan dari Pusdalops BPBD, Damkar wilayah Kecamatan Panggul, serta relawan-relawan yang ikut serta, merupakan bukti nyata akan seriusnya penanganan masalah ini.

Dalam keseluruhan proses ini, penting untuk dicatat bahwa partisipasi dari berbagai elemen masyarakat juga menjadi sorotan. Kehadiran warga sekitar bukanlah semata simbol, tetapi merupakan bukti nyata bahwa kesadaran akan keselamatan publik di jalan raya menjadi fokus bersama dalam komunitas tersebut.

Menurut Serka Suhardjo, Bati Wanwil Koramil 0806-11 Panggul, langkah penebangan pohon ini bukan sekadar respons, tetapi upaya preventif yang penting. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan fatal atau bahkan korban jiwa akibat pohon yang roboh di masa mendatang. Dia menegaskan bahwa kolaborasi lintas sektor dan partisipasi aktif dari masyarakat adalah kunci utama dalam menjaga keamanan lingkungan, terutama dalam hal ini, keselamatan berlalu lintas.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, dampak positif yang signifikan dirasakan oleh masyarakat sekitar. Tindakan ini tidak hanya menjadi contoh baik bagi Trenggalek, tetapi seharusnya juga menjadi inspirasi bagi daerah lain dalam menghadapi bahaya serupa. Dengan demikian, upaya pencegahan seperti ini bisa meminimalkan risiko kecelakaan dan memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pengguna jalan raya.

Penebangan pohon yang dilaksanakan oleh Koramil 0806-11 Panggul bersama Dinas BPBD Trenggalek tidak hanya sekadar tindakan, tetapi sebuah lambang dari kesatuan dan semangat kolaboratif yang kuat dalam menjaga keselamatan di jalan raya.

(arwang/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *