Jadi Keynote Speaker ICITD 2023 di Unair, Menkes Gunadi: 10ribu Puskesmas Akan Dimodernisasi!

Diferensia2684 Views
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat menjadi Keynote Speaker pada 2nd International Conference on Infectious and Tropical Disease 2023 di Gedung ASEEC Tower, Kampus B Unair, Surabaya, Sabtu (18/11/2023). (foto: rafel)

SURABAYA – Sabtu (18/11/2023), Universitas Airlangga (Unair) melalui Institute of Tropical Disease (ITD), menyelenggarakan 2nd International Conference on Infectious and Tropical Disease 2023 (ICITD 2023) dengan tema “Global Threats and Responses to Emerging and Re-Emerging Infectious Disease” di Gedung ASEEC Tower, Kampus B Unair, Surabaya.

Konferensi yang akan berlangsung hingga Minggu (19/11/2023) ini dihadiri oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin yang bertindak sebagai Keynote Speaker.

Menkes Gunadi menyampaikan kekhawatiran dirinya mengenai dampak perubahan iklim terhadap penularan penyakit.

Kekhawatiran saya mengenai penyakit menular adalah karena adanya perubahan iklim. Perubahan iklim akan mengubah secara langsung bagaimana manusia berinteraksi dengan hewan. Tidak hanya soal hewan ternak, namun juga hewan liar. Mereka akan pergi keluar hutan, ke (pemukiman) manusia, lalu jadi patogen dari hewan akan bertransmisi menulari manusia,” ucap Menkes dalam Konferensi yang dihadiri banyak pakar dari Jepang, Jerman, Amerika Serikat, Australia dan juga Indonesia itu.

Selain itu, Menkes Gunadi juga menekankan terkait pentingnya membangun jaringan kesehatan masyarakat seperti Puskesmas untuk mendukung lab klinis yang sudah ada dan kuat.

Jadi Indonesia memiliki (jaringan) yang kuat di bidang laboratorium klinis, namun kita sangat lemah dalam jaringan kesehatan masyarakat yang memadai. Jadi, 10 ribu laboratorium puskesmas akan diperbaiki serta dimodernisasi,” tandas Menkes.

(rafel/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *