Berikan Motivasi, Babinsa Danukusuman Sambangi Pelaku UMKM

All Berita146 Views

SURAKARTA – Keharmonisan dan keselarasan Babinsa dengan warga menunjang keberhasilan tugas. Karenanya, Babinsa Kelurahan Danukusuman, anggota Koramil 03/Serengan Kodim 0735/Surakarta Serda Tito sambangi usaha UMKM toko perabotan rumah tangga milik Bapak Dahlan di Jalan Yos Sudarso RT 02/01 Kelurahan Danukusuman, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta, pada Sabtu (8/4/2023).

Menurut Serda Tito, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bidang peralatan rumah tangga di kota Surakarta paling banyak merambah di marketplace atau loka pasar.

Tetapi banyak yang masih belum memiliki pengetahuan mengenai akuntansi keuangan. Padahal, menurutnya, UMKM merupakan sektor industri paling dekat dengan rumah tangga sehingga pencatatan adminstrasi dan keuangan UMKM dinilai perlu dipahami dan dilakukan.

“Hal itu juga untuk menjaga kestabilan manajemen rantai pasok usaha yang mereka jalankan,” ujarnya.

“Dengan adanya produk-produk yang berkualitas UMKM ini dapat menunjang perekonomian wilayah dan dapat dikenal oleh masyarakat luar sehingga usahanya akan lebih terkenal dan laku,” tambahnya.

Selain itu, perlu juga untuk menjaga hubungan baik antar para pelaku usaha UMKM di wilayah karena dan hal ini perlu dipantau dan dijaga pula kondusifitasnya. Babinsa pun menjadikan momen pertemuan dan diskusi mengenai UMKM dan sebagainya ini dari komunikasi sosial dengan seluruh elemen yang ada di wilayah.

“Ya ini merupakan komunikasi sosial yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan dan keadaan situasi wilayah binaan sehingga jika terjadi sesuatu dapat dilakukan sesuatu sejak dini,” pungkasnya.

(agus kemplu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *