Danlantamal IX Menebar Benih Teripang di Tual

Angkatan Laut251 Views

AMBON – Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., M.Tr.Opsla, disela-sela kunjungan ke Tual dalam rangka serah terima jabatan Komandan Lanal Tual pada Selasa 4 April 2023 menyempatkan untuk meninjau balai benih (Hatchery) teripang skala rumah tangga yang dikembangkan oleh Kelompok Salterai Tual Teripang Center berlokasi di Desa Ohoitel, Kota Tual, Sabtu (8/4/2023).

Sesuai penjelasan dari bapak Pitjont Tomatola selaku pengelola Kelompok Salterai bahwa pada tahun 2022 mereka telah berhasil membenihkan 10.000 anakan teripang, benih teripang yang dihasilkan melalui pembenihan akan dipakai untuk kegiatan budidaya pembesaran yang sementara dikembangkan di perairan terbuka (tidak berteluk dan berselat).

Harapannya pemerintah daerah dapat mencontohkan metode budidaya pembesaran teripang sehingga budidaya teripang tidak hanya dilakukan pada perairan tertutup (berteluk dan berselat), tetapi juga pada perairan yang terbuka, sehingga produksi bahan baku teripang dari kegiatan budidaya bisa lebih banyak.

Lebih lanjut disampaikan bahwa selain peningkatan produksi melalui budidaya pembesaran, kelompok Salterai juga sementara mendorong konsep sea ranching teripang berbasis kearifan lokal (Sasi), dimana anakan teripang hasil pembenihan akan ditebar ke alam kemudian diproteksi dengan diberlakukannya Sasi, nantinya akan ditangkap secara selektif.

Dalam kunjungan tersebut, Danlantamal IX menyambut baik apa yang telah dikerjakan oleh Kelompok Salterai Tual Teripang Center dan berharap konsep yang ditawarkan bisa terwujud.

Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina juga memerintahkan Komandan Lanal Tual yang baru Letkol Laut (P) Guntur Alamsyah untuk menjadikan proyek pengembangan Teripang menjadi salah satu program kegiatan pembinaan potensi maritim di wilayah Kota Tual, juga akan mengajak investor untuk turut memberikan dukungan modal dalam pengembangan budidaya teripang, sehingga diharapkan bisa lebih berkembang dan berkelanjutan serta memberi nilai tambah dalam peningkatan ekonomi masyarakat pesisir.

Di akhir kunjungan, Komandan Lantamal IX Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina M.M., M.T., M.Tr.Opsla bersama rombongan melaksanakan tebar benih teripang ke laut.

(rils/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *