Upaya Kolaboratif TNI dalam Mengurangi Risiko Kecelakaan di Panggul

Koramil67 Views
Koramil 0806-11 Panggul dan TRC BPBD Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek saat melakukan penebangan pohon Akasia dan pohon Trembesi yang sudah rapuh di sepanjang Jalan Raya Panggul – Pacitan, khususnya di kawasan RT.01 RW.01 Dusun Bangunsari, Desa Besuki, Kecamatan Panggul, Rabu (1/5/2024). (foto: arwang)

Trenggalek, – Koramil 0806-11 Panggul dan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, bersatu dalam sebuah misi untuk mengurangi risiko kecelakaan di jalan. Langkah konkret yang diambil adalah melakukan penebangan pohon Akasia dan pohon Trembesi yang sudah rapuh di sepanjang Jalan Raya Panggul – Pacitan, khususnya di kawasan RT.01 RW.01 Dusun Bangunsari, Desa Besuki, Kecamatan Panggul, pada Rabu (1/5/2024).

Kegiatan tersebut melibatkan beragam pihak yang memiliki peran penting dalam upaya keselamatan ini. Mulai dari Arif Kundono, Kasi Trantibum Kecamatan Panggul, hingga Serka Suhardjo, Bati Wanwil Koramil 0806-11 Panggul, serta petugas dari Pusat Data Operasional (Pusdalops) BPBD Kabupaten Trenggalek. Tak ketinggalan pula anggota TRC-PB BPBD wilayah Kecamatan Panggul, petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Rizki, hingga perwakilan dari Perhutani Resot Panggul dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Desa Besuki Tuyadi. Dukungan penuh juga datang dari warga sekitar yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Serka Suhardjo, salah satu sosok kunci dalam kegiatan ini, menjelaskan bahwa penebangan pohon dilakukan sebagai langkah preventif untuk menjamin kenyamanan bagi pengguna jalan sekaligus menghindari terjadinya kecelakaan. Keselamatan menjadi fokus utama, dan kerjasama lintas sektor serta partisipasi masyarakat menjadi kunci dalam mencapai tujuan tersebut.

Tak hanya sekadar mengurangi risiko kecelakaan, kegiatan ini juga mencerminkan semangat kolaborasi dalam menjaga lingkungan. Dalam konteks ini, pohon yang sudah rapuh bukan hanya menjadi potensi bahaya bagi pengguna jalan, tetapi juga merupakan ancaman potensial dalam bencana alam. Oleh karena itu, penebangan pohon ini juga dapat dianggap sebagai langkah proaktif dalam mitigasi risiko bencana.

Partisipasi luas dari berbagai pihak dalam kegiatan ini merupakan bukti konkret bahwa upaya keselamatan tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri. Kolaborasi antar instansi dan partisipasi masyarakat menjadi modal utama dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk semua. Semangat inilah yang menjadi pendorong utama di balik upaya penebangan pohon yang dilakukan oleh Koramil 0806-11 Panggul dan TRC-PB BPBD Kecamatan Panggul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *