Pemkab Pegubin-TNI Sinergi Wujudkan Kehadiran Negara Di Daerah 3T

Korem856 Views
Kehadiran TNI di Kampung Kawe, Distrik Awinbon, Kabupaten Pegunungan Bintang dimulai oleh Korem 172/PWY dengan membuka Pos Ramil dan diterima baik oleh masyarakat dengan memberikan lahan untuk dibangun pos. (foto: istimewa)

 

KAWE – Akhirnya aparat keamanan dalam hal ini Tentara Nasional Indonesia (TNI) hadir di Kampung Kawe yang terletak di Distrik Awinbon, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Kehadiran TNI ini dimulai oleh Korem 172/PWY dengan membuka Pos Ramil.

Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring dalam keterangan tertulisnya, menuturkan bahwa Pos Ramil di Kampung Kawe diisi oleh personil dari Satgas Pamwiltasrat RI-PNG Yonif 143/TWEJ yang telah tiba sejak Jum’at (24/2/2023).

Danrem menjelaskan, secara historis baik TNI maupun aparat pemerintah Kabupaten Pegubin belum pernah hadir di Kampung Kawe.

“Beberapa kejadian kekerasan yang dilakukan oleh pihak KST, menjadi salah satu faktor sehingga perlu hadirnya aparat keamanan. Lokasi yang sulit dijangkau juga menjadi sebab aparat Pemerintah Kabupaten Pegubin tidak bisa hadir di kampung ini,” ujarnya, Senin (27/2/2023).

Korem 172/PWY, lanjut Danrem, terus bersinergi dengan Pemkab Pegunungan Bintang agar negara dapat hadir hingga ke daerah terpencil dan terisolir atau daerah 3T.

“Keberadaan Pos Ramil ini sebagai wujud komitmen TNI yang akan selalu hadir untuk memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat, dimanapun mereka berada meskipun daerah tersebut sulit untuk di jangkau. Pos Ramil ini juga akan ikut membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Pegunungan Bintang dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Danrem.

Danrem juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kampung Kawe yang telah menerima kehadiran TNI di Kampungnya.

“Ucapan ini perlu saya sampaikan sebab sejak kami (TNI) tiba di Kampung Kawe, baik tokoh masyarakat, tokoh agama serta seluruh masyarakat menyambut dan menerima kami dengan hangat. Bentuk penerimaan ini berupa penyerahan lahan untuk pembangunan Pos Ramil,” tuturnya.

Saat ini, personel Pos Ramil terus menjalin keakraban dengan masyarakat setempat dengan melakukan Pembinaan Teritorial (Binter) dan Komunikasi Sosial (Komsos).

“Beberapa hal yang difokuskan saat ini adalah menjalin silaturahmi dan keakraban dengan masyarakat melalui beberapa kegiatan seperti pelayanan kesehatan dan olahraga bersama,” kata Danrem.

Danrem menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Manager BTS Bakti Saudara Benyamin agar memprioritaskan pembangunan Tower BTS Bakti di Kampung Kawe.

“Saat ini kami juga berupaya untuk membangun Tower BTS Bakti sehingga masyarakat di kampung ini dapat segera menikmati jaringan telekomunikasi yang berkualitas,” pungkasnya.

Sementara itu Bupati Kabupaten Pegunungan Bintang, Spei Yan Bidana saat dihubungi media ini, mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas kehadiran TNI di tengah-tengah masyarakatnya di kampung Kawe.

“Saya sangat berharap ke depannya Pos Ramil yang ada saat ini, bisa menjadi satuan Koramil sehingga keamanan dan ketertiban di Kampung Kawe dapat terjamin. Saya juga berharap Kehadiran Pos Ramil ini akan dapat membantu percepatan kemajuan pembangunan di wilayah tersebut yang semakin baik lagi,” ujarnya.

(rils/has)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *