Patroli Malam TNI-Polri Wuryantoro Jadi Sarana Komsos Dengan Warga

Babinsa364 Views
Serka Tukimin dan Serda Dwiyanto saat patroli bersama anggota Polsek Wuryantoro di wilayah Desa Gumiwang Lor, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (25/6/2023) malam. (foto: arda 72)

WONOGIRI – Sebagai seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) memiliki tugas memberikan pembinaan teritorial kepada warga binaannya termasuk menciptakan rasa aman dan nyaman di desa.

Terkait dengan tugas Babinsa, selain harus memiliki lima kemampuan teritorial, mereka juga membantu Babinkamtibmas dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di desa atau kelurahan, salah satunya dengan menggelar patroli malam bersama.

Seperti yang dilaksanakan oleh anggota Babinsa Koramil 10/Wuryantoro Serka Tukimin dan Serda Dwiyanto, dengan melaksanakan patroli bersama anggota Polsek Wuryantoro Aiptu Suryo dan Bripda Wahyu di wilayah Desa Gumiwang Lor, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (25/6/2023) malam.

‚ÄúPatroli ini kami lkukan setiap malam. Selain untuk menjaga kamtibmas juga bisa dimanfaatkan untuk melaksanakan komunikasi sosial dengan warga masyarakat,” ucap Serka Tukimin.

Serka Tukimin menambahkan bahwa kegiatan patroli dan komunikasi sosial (komsos) adalah wujud kepedulian sebagai aparat kewilayahan, khususnya seorang Babinsa.

“Karena Babinsa memiliki tanggung jawab terhadap keamanan desa binaannya. Harapannya pula, kepada warga yang melaksanakan ronda bisa melaporkan pada kesempatan pertama, apabila di desanya menemukan hal-hal mencurigakan, supaya bisa cepat kita tindak lanjuti,” pungkasnya.

(Arda 72).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *