Melalui Wasbang Dan PBB, TNI Jatisrono Bentuk Generasi Muda Berkarakter

Babinsa303 Views

WONOGIRI – Untuk membentuk generasi muda yang memiliki karakter, serta membentuk dasar mental dan perilaku generasi muda bagi bangsa Indonesia, anggota Koramil 14/Jatisrono memberikan materi Pembelajaran Dasar Bela Negara(PDBN) dan Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada siswa-siswi SMPN 2 Jatisrono, Rabu (21/6/2023).

Materi yang disampaikan oleh Pelda Ariyanto, beserta rekan Babinsa Sertu Lasto, Sertu Mianto dan Serda Agus Guridno, tersebut diikuti sebanyak 300 siswa-siswi dengan didampingi oleh Guru Kesiswaan yang bertempat di Lapangan SMP N 2 Jatisrono.

Para siswa pun antusias dengan pelatihan yang diberikan, saat pemberian teori mereka memperhatikan dengan seksama dan saat praktek, mereka pun terlihat penuh semangat mengikuti gerakan demi gerakan.

Menurut Pelda Ariyanto, bahwa di usia seperti ini tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan kebangsaan yang mewadai untuk mewarnai perjalanan meraih cita-cita di masa yang akan datang.

” Tentu pemberian materi wawasan kebangsaan ini harus disesuaikan dengan keadaan usia, sehingga mudah dipahami dan dimengerti untuk dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari oleh siswa-siswi “, ucapnya.

Setelah pemberian materi wasbang, anggota Koramil memberikan materi PBB. Menurutnya, PBB juga memiliki manfaat yang sangat berguna bagi anak-anak sekolah yaitu, melatih daya konsentrasi, mendorong belajar tentang solidaritas tim, belajar mendengar dan patuh, serta belajar untuk diam dan mengatur emosi.

Dengan adanya pelatihan PBB diharapkan para siswa dapat mengerti maksud dan tujuan dari pelatihan PBB tersebut sehingga nantinya mampu menerapkannya di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

(Arda 72)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *