Kunker Danpusterad, Tinjau Bedah RTLH Hingga Beri Arahan Babinsa Kodim Sukoharjo

Kodim371 Views
Danpusterad Letjen TNI Teguh Muji Angkasa, SE, MM saat melaksanakan kunjungan kerja di lokasi pembangunan RTLH Ibu Mikem, warga Dukuh Jetis RT 01/03, Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, pada Senin (20/3/2023). (foto: istimewa)

SUKOHARJO – Letjen TNI Teguh Muji Angkasa, SE, MM selaku Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad) melaksanakan Kunjungan Kerja (kunker) di lokasi pembangunan RTLH Ibu Mikem, warga Dukuh Jetis RT 01/03, Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, pada Senin (20/3/2023).

Kunker Danpusterad didampingi langsung oleh Kolonel Inf Anan Nurakhman, S.I.P (Danrem 074/Wrt), Kolonel Kav Husnizon (Kasubdit Bintahwil Sdinter Pusterad), Letkol Czi Slamet Riyadi, SE (Dandim 0726/Sukoharjo) dan Mayor Rahmat Hidayat (Kasiops Bhakti TNI subdit Binkombak TNI Sdirter Pusterad).

Selain itu hadir Kompol Agus Pamungkas, SH, MH (Kabagops Polres Sukoharjo mewakili Kapolres Sukoharjo), Agustinus (Asisten I Setda Kab. Sukoharjo mewakili Bupati Sukoharjo), Galih (Mewakili Kepala Kejaksaan Negeri Kab. Sukoharjo), Adi (Mewakili Ketua Pengadilan Negeri Kab. Sukoharjo), Para Danramil dan Perwira Staf Kodim 0726/Skh, Widyanto Setyo Wibowo, S. STP (Camat Bulu), Kompol Danuari, SH, MH (Kapolsek Bulu), Kepala Desa se Kec. Bulu serta seluruh perangkat desa Gentan.

Kegiatan Kunker Danpusterad dimulai dengan melihat Pemutaran Dokumentasi kegiatan RTLH mulai dari prses pembagunan 0 persen hingga progress terakhir RTLH yang yang sedang dikerjakan.

Dalam Sambutannya mengatakan bahwa kondisi rumah Ibu Mikem ini sebelumnya memprihatikan, atap rumah banyak yang bocor, dinding rumah terbuat dari anyaman bambu dan tiang penyangga rumah sudah lapuk sehingga sangat tidak nyaman untuk dihuni.

“Pelaksanaan pembangunan RTLH ini direncanakan selama 25 hari dan hari ini adalah hari ke 22. Luas bangunan 6×11 meter dan sampai hari ini progress pembangunan sudah mencapai 93 persen,” ungkap Dandim Letkol Czi Slamet Riyadi.

Dikatakan oleh Dandim bahwa spesifikasi bangunan menggunakan Pondasi batu kali, Dinding hebel di plester acian finishing di cat, Lantai keramik, Plafon GRC finishing dicat, Beton bertulang besi ukuran 8 dan 10 mm, Kusen dan daun pintu kayu jati finishing di plitur, Rangka atap kayu jati serta Atap menggunakan genteng press.

“Dalam pelaksanaanya anggota kodim 0726/Sukoharjo bersama masyarakat sekitar senantiasa bekerja sama dan bergotong royong dalam mewujudkan rumah Ibu Mikem menjadi lebih layak, rapi, bagus dan indah,” tutup Dandim.

Bedah Rumah Tidak Layak Huni milik Ibu Mikem ini merupakan perogram dari bapak Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Anan Nurakhman, S.I.P. Haparannya dengan adanya RTLH ini rumah ibu Mikem bisa menjadi layak huni dan dapat meningkatkan kesejahteraan ibu Mikem.

Selain itu untuk warga sekitar ini merupakan sarana untuk menumbuhkan rasa kebersamaan, persatuan, tolong menolong dan mempererat tali persaudaraan yaitu dengan cara bergotong royong yang sudah menjadi tradisi dilingkungan kita.

Dalam Kunjungan Kerja tersebut juga dilakasanakan Pemberian sembako oleh Danpusterad Letjen TNI Teguh Muji Angkasa, SE, MM, Danrem 074/Wrt dan Forkopimda kepada perwakilan 8 orang Lansia.

Ibu Mikem dalam kesempatan tersebut mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak-bapak TNI yang telah membantu memperbaiki rumahnya.

“Matursuwun kegem para bapak-bapak TNI yang telah berhari-hari membangun rumah saya, saya tidak menyangka samasekali mendapatkan rejeki seperti ini, sekali lagi saya ucapkan terima kasih, semoga susah payah bapak-bapak TNI semua menjadi pahala dan berkah,” ubgkap bu Mikem dengan arasa haru.

Setelah peninjauan fisik RTLH, elanjutnya Letjen TNI Teguh Muji Angkasa, SE, MM (Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat) beserta rombongan meninggalkan lokasi RTLH menuju Makodim 0726/Sukoharjo dilanjutkan dengan memberikan pengarahan kepada para Babinsa Kodim 0726/Sukoharjo bertempat di Aula Makodim 0726/Sukoharjo.

(rils/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *