Kukuhkan 13 Kepala Suku, Bupati: Yahukimo Adalah Rumah Besar Bersama!

POLITIKANA230 Views
Bupati Yahukimo Didimus Yahuli melantik dan mengukuhkan 13 Kepala Suku di wilayah Kabupaten Yahukimo beserta Wakil dan Sekretarisnya, bertempat di Aula Kediaman Bupati Yahukimo, Distrik Dekai, pada Selasa (28/3/2023). (foto: istimewa)

DEKAI – Bupati Yahukimo Didimus Yahuli melantik dan mengukuhkan 13 Kepala Suku di wilayah Kabupaten Yahukimo beserta Wakil dan Sekretarisnya, bertempat di Aula Kediaman Bupati Yahukimo, Distrik Dekai, pada Selasa (28/3/2023).

Dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Minggu (2/4/2023), Bupati Didimus menyebut Kepala Suku merupakan tokoh yang bisa mengenal Budaya, dikenali Masyarakat, dan yang bisa menolong serta meyanyangi orang lain, sehingga masyarakat merasa aman dengan kehadirannya.

“Mulai hari ini Kepala suku sudah dilantik menjadi Mitra Rakyat yang sah, jangan pernah ada lagi orang yang ingin menciptakan keonaran di daerah kita, dan saya harap peristiwa yang sudah terjadi di Kabupaten Yahukimo ini, menjadi tanggung jawab bersama-sama,” kata Bupati.

Bupati mengaku kejadian pembakaran rumah dan gedung sekolah serta penembakan pesawat beberapa waktu lalu, telah melumpuhkan sendi-sendi kehidupan masyarakat di Kabupaten Yahukimo.

”Hal ini tidak boleh terjadi lagi, kita bersama-sama harus melawan segala tindakan-tindakan yang memecah belah persatuan kita di Yahukimo. Pemerintah sangat berharap, kita di Yahukimo dapat hidup rukun, damai dan lebih sejuk. Semua menghargai bahwa Yahukimo ini adalah rumah besar kita bersama, tempat tinggal dan tempat kita bernaung,” katanya.

Koordinator Wilayah Yali Anggruk dan Meek, Isak Salak membacakan pernyataan sikap bersama masyarakat Yahukimo dengan isi berupa kecaman dan kutukan terhadap berbagai kejadian seperti penembakan, pembunuhan dan pembakaran.

“Kami menolak dengan tegas semua intimidasi dan juga semua propaganda baik langsung maupun tidak langsung yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, untuk mengacaukan dan menginginkan situasi Yahukimo tidak aman,” jelas Isak.

Pada akhir kegiatan, Plh. Dandim 1715/Yahukimo Letkol Inf Tommy Yudistyo mengucapkan selamat atas pelantikan dan pengukuhan para Kepala Suku beserta perangkatnya. Pihaknya berharap para Kepala Suku dapat merangkul masyarakat agar selalu mendukung program-program pemerintah daerah.

“Sehingga kedepannya pembangunan dapat berjalan dengan lancar demi kesejahteraan masyarakat. Kita juga berharap ke depan Kepala Suku dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan aparat keamanan dalam menjaga sitkamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Kabupaten Yahukimo,” tuturnya.

(rils/has)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *