Kondisi Dinamis Bangsa Butuh Peran Seluruh Komponen Masyarakat Dalam Amalkan Pancasila

POLITIKANA232 Views
Waaster Panglima TNI Laksma TNI Dr. H. Yudho Warsono, S.E., M.M., Chrmp., M.Tr. Opsla., Ciqar., Crmp saat membacakan amanat Aster Panglima TNI pada acara Pembukaan Pramuka Wirakarya TA 2023 di Bumi Perkemahan Tanah Merdeka, Cisata Kabupaten Pandegelang, Banten, Senin (5/6/2023). (foto: puspen TNI)

PANDEGELANG – Diperlukan upaya penguatan terhadap nilai-nilai luhur Pancasila dan nilai kejuangan serta peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui pembangunan, agar masyarakat memiliki mental yang baik, tidak mudah terpengaruh isu negatif, sehingga mampu mewujudkan kondisi dinamis dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Hal tersebut disampaikan Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, S.H. dalam amanatnya yang dibacakan oleh Waaster Panglima TNI Laksma TNI Dr. H. Yudho Warsono, S.E., M.M., Chrmp., M.Tr. Opsla., Ciqar., Crmp pada acara Pembukaan Pramuka Wirakarya TA 2023 bertempat di Bumi Perkemahan Tanah Merdeka, Cisata Kabupaten Pandegelang, Banten, Senin (5/6/2023).

Dalam keterangan tertulisnya kepada media, Rabu (7/6/2023), Aster Panglima TNI menyampaikan bahwasanya patut menjadi perhatian bersama agar kondisi dinamis suatu bangsa harus terus dijaga dan ditingkatkan, sehingga proses pembangunan nasional di negara kita dapat berjalan dengan baik.

“Kondisi dinamis yang dimaksud adalah bentuk keuletan dan ketangguhan bangsa Indonesia dalam menghadapi dan mengatasi segala bentuk ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan baik yang datang dari luar maupun dalam negeri,” terangnya.

Lebih lanjut, Aster Panglima TNI menerangkan bahwa upaya dan strategi untuk mewujudkan kondisi tersebut menjadi tanggung jawab kita bersama baik pemerintah, kementerian, lembaga, serta instansi lainya dan seluruh masyarakat Indonesia melalui bentuk kegiatan yang positif dan inovatif sehingga mampu menciptakan stabilitas nasional yang dinamis seiring dengan perkembangan jaman yang semakin modern.

Untuk mewujudkan kondisi dinamis tersebut sangat tergantung pada peran aktif dari seluruh komponen masyarakat untuk ikut serta dalam mewujudkan stabilitas keamanan nasional di daerah sehingga mampu mengawal pembangunan nasional dapat berjalan dengan baik.

“Melalui kegiatan perkemahan Pramuka Wirakarya ini diharapkan mampu menggugah jiwa dan semangat nasionalisme segenap komponen masyarakat, untuk lebih peduli terhadap lingkungan, bergotong-royong dalam membangun bangsa serta berperan aktif membantu pemerintah, sebagai wujud cinta tanah air dan bela negara kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelas Mayjen TNI Mochammad Syafei Kusno.

Untuk diketahui, kegiatan Perkemahan Pramuka Wirakarya Tahun 2023 ini diikuti oleh kader-kader Pramuka Tingkat Penegak dan Pandega Trisaka TNI (Saka Wira Kartika, Saka Bahari dan Saka Dirgantara) dari seluruh wilayah Indonesia yang beranggotakan personel baik Militer, PNS TNI maupun sipil.

Turut hadir pada Kegiatan Perkemahan Pramuka Wirakarya Aster Kasad, Aspotmar Kasal, Aspotdirga Kasau, Ka Kwarnas Gerakan Pramuka, Danrem 064/MY, para Paban Ster TNI, serta Bupati beserta unsur Forkopimda Kabupaten Pandeglang.

(ahmad/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *