Kick Off Pembangunan 89 Titik Air, KASAD Resmikan Penggunaan Sumur Bor Desa Sumber Sari

Diferensia131 Views
KASAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak saat meresmikan pembangunan sumur bor program TNI AD dan menanam padi bersama unsur Forkopimda di Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Selasa (20/2/2024). (foto: pendim 0906)

KUKAR – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak lakukan kunjungan kerja ke wilayah Kodim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr) dalam rangka meresmikan pembangunan sumur bor program TNI AD yang ada di desa Sumber Sari kecamatan Loa Kulu kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), pada Selasa (20/2/2024).

Dalam kunjungannya, KASAD didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana, Ny. Uli Simanjuntak beserta Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Kapolda Kaltim, Irjen Pol Nanang Avianto, PJ Gubernur Kaltim, Akmal Malik dan para asisten KASAD disambut oleh Aster Kasdam VI /Mlw, Kolonel Inf Sapta Marwindu Ibraly, Kasrem 091/Asn, Kolonel Inf. Priyanto Eko Widodo, Kasi Intel Kasrem 091/Asn, Kolonel Inf. Bambang Hermanto, Dandim 0906/Kkr, Letkol Inf. Jeffry Satria, Dandim 0913/PPU, Letkol Inf. Arfan Afandi, Bupati Kukar, Edi Damansyah dan Kapolres Kukar AKBP Heri Rusyaman.

Saat tiba di lokasi peresmian, rombongan KASAD juga disambut dengan persembahan tarian Jepen yang merupakan tarian tradisional khas suku Kutai, pengalungan selendang dan pemberian karangan bunga. Tampak antusias masyarakat dan para pelajar serta jajaran Forkopimcam mewarnai kedatangan KASAD di Desa Sumber Sari.

Menurut Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, 9,9% atau sekitar 27 juta orang penduduk Indonesia belum mendapatkan atau menikmati akses air bersih.

“Perlu adanya kerja sama antara unsur-unsur pemerintahan yang ada diwilayah untuk bersatu bersama masyarakat, saya yakin pemecahan masalah ini akan cepat terselesaikan,” ungkap KASAD dalam sambutannya.

“Alhamdulillah sekarang kita sudah membuat sekitar 1.900 titik sumber air, ini merupakan hasil kerjasama antara TNI Angkatan Darat dengan seluruh unsur-unsur pemerintahan yang ada. Mudah-mudahan di progress ini ditambah dengan kekompakan masyarakat dan unsur Forkopimda di wilayah dapat menindaklanjuti persoalan-persoalan terkait kebutuhan air bersih sehingga nantinya anak-anak tidak ada lagi yang kekurangan dan bisa sekolah dengan baik”, tutur Kasad.

Selama kegiatan, KASAD bersama rombongan dan unsur Forkopimda Kaltim melakukan serangkaian kegiatan diantaranya peresmian sumber air untuk pertanian dan penanaman padi secara simbolik di areal persawahan kelompok tani Desa Sumber Sari.

(Anto/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *