HUT ke-60 Korem 081/DSJ: Bersama Rakyat Menuju Indonesia Maju

Korem278 Views
Beragam aksi KOREM 081/DSJ dibawah kepemimpinan Danrem Kolonel Inf H Sugiyono. (foto: arwang)

MADIUN – Di usianya ke-60 tahun pada 25 November 2023, Korem 081/DSJ terus bekerja keras melakukan berbagai tugas dan pengabdiannya terhadap masyarakat, bangsa dan negara. Di bawah kepemimpinan Danrem 081/DSJ Kolonel Inf H. Sugiyono, mereka terus bergerak maju dan menunjukkan bukti nyata dalam setiap langkah dan pengabdiannya.

Berbagai tugas telah berhasil dilakukan dengan sangat membanggakan. Pengamanan sekelas VVIP pun berhasil dilaksanakan dengan baik. Salah satunya pada saat kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Kabupaten Ngawi beberapa waktu lalu.

Di bidang ketahanan pangan, satuan yang bermarkas di Kota Madiun, Jawa Timur itu terus melakukan berbagai upayanya untuk memperkuat ketahanan pangan nasional dengan cara mengolah lahan tidur milik TNI dan masyarakat yang hasilnya nanti akan dikembalikan kepada pemiliknya.

Sektor peningkatan kesejahteraan masyarakat dilakukan melalui berbagai program nyata yang telah terealisasi dengan baik. Mulai dari program renovasi rumah tidak layak huni dan berbagai aksi sosial untuk membantu masyarakat kurang mampu dan keluarga pra sejahtera.

Di bidang pembangunan, Korem 081/DSJ aktif membantu pemerintah dalam upaya pemerataan dan percepatan pembangunan melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan tersebar di seluruh wilayah jajarannya, serta program Karya Bakti Skala besar yang diselenggarakan di Desa Garon, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun.

Saat adanya bencana alam seperti terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Magetan, Ngawi, Ponorogo dan Trenggalek, Korem 081/ DSJ juga mengerahkan pasukannya untuk terjun langsung mempercepat penanganannya.

Guna membantu penyediaan air bersih bagi masyarakat. Melalui program TNI AD Manunggal Air, Korem 081/DSJ membangun sumur bor di Kabupaten Pacitan. Tak hanya satu, di daerah yang dikenal dengan sebutan Kota 1.001 Goa itu, mereka membangun tiga sumur bor yang mampu menjangkau dan dimanfaatkan lebih dari 500 kepala keluarga.

Tak hanya bersifat fisik, Korem 081/DSJ juga membangun masyarakat dari sisi spiritualnya melalui program Serbuan Sholawat yang dilakukan. Program ini dilakukan dengan menghadiri berbagai kegiatan sholawat dan keagamaan lainnya yang diselenggarakan di tengah-tengah masyarakat. Bahkan melalui aksinya itu, Danrem 081/DSJ Kolonel Inf H. Sugiyono dinobatkan sebagai Komandan Sholawat oleh para Habaib dan Ulama.

Peningkatan kondusivitas wilayah juga terus menjadi komitmen yang dilakukan secara bersinergi bersama aparat kepolisian, pemerintah daerah dan komponen bangsa lainnya. Seperti pada saat pengamanan kegiatan yang dilakukan oleh berbagai perguruan pencak silat. Sinergitas mereka telah memberikan jaminan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Di bidang pembinaan satuan, Korem 081/DSJ telah berhasil menyiapkan Satuan Yonif 511/DY untuk melaksanakan tugas negara sebagai Satgas pengamanan perbatasan RI-Papua Nugini di Merauke, Papua. Bahkan satuan Yonif 511/DY berhasil menorehkan berbagai prestasi yang membanggakan dalam menjalankan tugas tersebut.

Di bawah Sang Nahkoda Kolonel Inf H. Sugiyono, Korem 081/DSJ pun berupaya untuk dapat meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Salah satunya dengan membuat lahan pertanian Gado-Gado Bosbow yang hasilnya diperuntukkan guna membantu mencukupi kebutuhan gizi keluarga anggotanya.

Selain itu, Korem 081/DSJ juga kerap melakukan aksi kemanusian. Terbaru adalah saat mengirimkan berbagai bantuan kemanusiaan berupa obat-obatan, pakaian, bahan makanan, dan susu bayi kepada rakyat Palestina yang menjadi korban konflik di Gaza.

Berbagai keberhasilan dan pencapaian yang telah diraih itu sesuai dengan tema HUT ke-60 Korem 081/DSJ yakni “Bersama Rakyat Menuju Indonesia Maju”. Tema itu dilandasi oleh spirit bahwa, TNI-AD selalu hadir di tengah- tengah kesulitan masyarakat dan senantiasa menjadi solusi.

(arwang/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *