Dukung Ketahanan Pangan, Kodim Bulukumba Galakkan Tanam Ubi Kayu

Kodim569 Views
Kodim 1411 Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan melakukan penanaman ubi kayu di lahan seluas satu hektar milik Kodim 1411/Blk yang berlokasi di Dusun Pangi-Pangi, Desa Swatani, Kecamatan Rilau Ale, Kabupaten Bulukumba, Jum’at (10/3/2023). (foto: istimewa)

BULUKUMBA – Kodim 1411 Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan melakukan kampanye penanaman ubi kayu seluas satu hektar di atas lahan milik Kodim 1411/Blk yang berlokasi di Dusun Pangi-Pangi, Desa Swatani, Kecamatan Rilau Ale, Kabupaten Bulukumba.

“Penanaman ubi kyu merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan program ketahanan pangan,” kata Dandim 1411 Bulukumba Letkol Inf Kaharuddin DJ., S.Pd., M.Tr(Han pada media ini, Jum’at (10/3/2023).

Letkol Inf Kaharuddin DJ., S.Pd., M.Tr(Han) menambahkan bahwa penanaman ubi kayu ini merupakan perwujudan dari program unggulan sesuai dengan arahan pimpinan TNI-AD dimana kgiatan penanaman ubi kayu tersebut dilakukan dalam rangka mendukung ketersediaan dan peningkatan produksi pangan bagi masyarakat di wilayah Kodim 1411 Bulukumba.

Selain itu, dengan menanam ubi kayu akan dapat meningkatkan produksi pangan dan juga mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan.

Letkol Inf Kaharuddin DJ., S.Pd., M.Tr(Han) sendiri menegaskan bahwa kehadiran TNI AD selain menjaga keutuhan negara, juga harus hadir di tengah-tengah masyarakat untuk membantu mempersiapkan ketahanan pangan mereka.

Menurutnya, terpenuhinya kebutuhan bahan pokok adalah nomor satu bagi masyarakat, oleh karena itu TNI harus menjadi contoh bagi masyarakat, salah satunya dengan menanam ubi kayu sebagai pengganti padi.

“Komando pimpinan, TNI harus mendukung dan mensukseskan program ketahanan pangan untuk membantu kelangsungan hidup masyarakat,” tegasnya.

Gerakan menanam ubi kayu oleh TNI, diharapkan dapat dirasakan oleh masyarakat karena itu, Dandim juga mengajak seluruh anggota TNI serta masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur atau lahan kosong dengan baik sehingga memiliki nilai manfaat.

“Tujuan terpentingnya adalah mengoptimalkan area lahan tidur untuk kesejahteraan masyarakat. Sekecil apapun lahan pasti ada manfaatnya jika digarap dengan baik,” pungkas Dandim.

(rils/jafar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *