Dengan Keterbatasan Fisik Babinsa Koramil Panjalu Gagalkan Pencurian Motor Warga, Dandim Ciamis: Kami Bangga!

Babinsa332 Views

CIAMIS – Prajurit TNI AD menggagalkan aksi pencurian kendaraan bermotor roda dua di wilayah Kabupaten Ciamis.

Penggagalan itu berlangsung di dekat Makoramil 1306/Panjalu Kodim 0613/Ciamis, tepatnya Jalan Raya Panjalu-Sukamantri, Dusun Hujungtiwu Rt.10 Rw.03, Desa Hujungtiwu, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Selasa (4/4/2023) dini hari.

Penggagalan pencurian kendaraan bermotor ini dilakukan oleh Anggota Koramil 1306/Panjalu Koptu Asep Komar yang menghadang gerak pencuri. Penghadangan ini dilakukan di depan Makoramil Panjalu setelah menerima laporan warga yang telah kehilangan kendaraan bermotor beserta ciri-ciri kendaraan.

“Meskipun dengan keterbatasan fisik yang kurang sempurna karena tangan kirinya sudah diamputasi, Koptu Asep Komar berhasil menggagalkan pencurian kendaraan bermotor yang menimpa warga Dusun Tengger. Dengan insting prajuritnya, Koptu Asep Komar berhasil menghadang dan menggagalkan pencurian kendaraan bermotor roda dua,” ujar Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Rabu (5/4/2023) pagi.

Dandim 0613/Ciamis juga menjelaskan, aksi penggalan pencurian kendaraan bermotor itu terjadi setelah menerima laporan warga yang kehilangan motor beserta ciri-ciri yang disampaikan korban melalui sambungan telepon Seluler pada pulul 02.10 WIB. Setelah menerima telepon tersebut Kopka Asep langsung merespon untuk menghadang pencuri yang di perkirakan akan melintasi ke arah Jalan Sukamantri.

Sekitar pukul 02.30 WIB, Koptu Asep Komar melihat kendaraan roda dua dan ternyata kendaraan tersebut sesuai dengan ciri yang di informasikan oleh korban. Seketika Koptu Asep langsung menghadang dan memukul pencuri tersebut dengan memakai balok kayu sehingga pencuri tersebut tersungkur sampai pingsan.

Beberapa saat setelah kejadian ada yang melintas lagi kendaraan dan menanyakan kepada Koptu Asep. Koptu Asep tidak menyadari ternyata orang tersebut merupakan rekan pencuri dan setelah pencuri tersebut sadar kemudian dibawa kabur oleh rekannya. Namun kendaraan yang dicuri oleh pelaku berhasil diamankan oleh Koptu Asep di Koramil 1306/Panjalu.

“Kami sangat mengapresiasi dengan apa yang dilakukan oleh Koptu Asep Komar. Dengan keterbatasan fisik yang kurang sempurna, tapi sebagai Patriot Saptamarga tetap membantu warga masyarakat yang membutuhkan. Saya ucapkan terima kasih dan kami bangga kepada Koptu Asep Komar,” pungkasnya.

(tips/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *