Dansatgas TNI 300 Siliwangi Dampingi Bupati Puncak Membuka Konferensi V GKII Klasis Ilaga Timur

Perbatasan151 Views

PAPUA – Pembukaan Konferensi V GKII (Gereja Kemah Injil Indonesia) Klasis Ilaga Timur yang berlangsung di Gome, Papua, berakhir dengan sukses. Acara ini dihadiri oleh Pj Bupati Puncak, Darwin Tobing, M.Si., Dandim Puncak, Letkol Inf Jonatan Nadio Aprimanda, Kapolres Puncak, AKBP I Nyoman, S.H., S.I.K., M.H, Komandan Satgas TNI 300 Siliwangi, Letkol Inf Afri Swandi Ritonga S.I.P, dan Satgas Damai Cartenz.

Hal tersebut disampaikan oleh Komandan Satgas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi, Letnan Kolonel Infanteri Afri Swandi Ritonga S.I.P dalam rilis tertulisnya di Ilaga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua, pada Selasa (23/1/2024 ).

Acara ini merupakan pembukaan Konferensi V GKII Klasis Ilaga Timur yang bertujuan untuk memilih Ketua Klasis Ilaga Timur periode 2024-2028. Dari hasil pemilihan yang dilakukan secara demokratis.

Setelah acara pemilihan selesai, dilanjutkan dengan tradisi bakar batu, dimana masyarakat dan anggota Satgas TNI 300 Siliwangi berbaur dan makan bersama. Tradisi ini merupakan simbol persaudaraan dan kebersamaan antara masyarakat dan TNI. Dalam kesempatan ini, PJ Bupati Puncak, Darwin Tobing, mengucapkan dalam pemilihan ini agar dilakukan secara transparan dan aman. Ia juga mengapresiasi peran Satgas TNI 300 Siliwangi yang telah membantu mengamankan dan mensukseskan acara ini.

“Yang menjadi menarik dalam acara ini adalah tempat acara yaitu di Gereja Bethel Jenggernok Gome. Daerah Gome merupakan salah satu daerah Basis KKB. Namun dengan pendekatan yang efektif dan humanis dari Satgas TNI 300 Siliwangi selama 8 bulan ini, menjadikan Gome menjadi daerah yang aman dan Kondusif. Bahkan KKB yang selama ini di Gome sudah berpindah ke wilayah lain karena KKB sudah tidak mendapat simpati dari Masyarakat. Sehingga saat ini daerah Gome saat ini sudah Kondusif. Hal ini bisa dibuktikan dengan kegiatan acara hari ini yang begitu mencair dan penuh kekeluargaan. Bahkan seluruh Pejabat Kab.Puncak hadir pada acara ini”. Ujar Dansatgas

Seluruh masyarakat Gome menyatakan terima kasih kepada Satgas TNI 300 Siliwangi atas kontribusi yang telah diberikan. Mereka berharap agar Satgas TNI 300 Siliwangi terus menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Papua, khususnya di Gome, sehingga pembangunan dan kemajuan dapat terus berlangsung.

(barat/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *