Danrem 081/DSJ Serahkan Bansos dari KASAD untuk Masyarakat Lereng Gunung Lawu

Korem219 Views
Danrem 081/DSJ Kolonel Inf H. Sugiyono saat menyerahkan bantuan KASAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak di Kantor Desa Bedagung, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Rabu (27/12/2023). (foto: arwang)

MAGETAN – Bakti sosial penyerahan paket sembako bantuan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dalam rangka kegiatan pembersihan dan penghijauan di Gunung Lawu diselenggarakan di Kantor Desa Bedagung, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Rabu (27/12/2023). Penyerahan bantuan dilakukan oleh Danrem 081/DSJ Kolonel Inf H. Sugiyono.

Dalam sambutannya, Danrem mengatakan, aksi pelestarian alam itu tidak hanya dilakukan oleh Prajurit TNI AD, tetapi juga melibatkan berbagai stakeholder lainnya dan masyarakat.

“Penghijauan di Gunung Lawu yang telah dilakukan sejak 15 Desember lalu merupakan bentuk kepedulian TNI AD bersama Polri, Kementerian Lingkungan Hidup, Pemerintah Daerah, BPBD, Perhutani, relawan dan komponen bangsa lainnya,” katanya.

Pamen TNI AD itu menyebut, lebih dari 23.000 bibit pohon dari berbagai jenis telah berhasil ditanam di 3 wilayah yang termasuk dalam kawasan Gunung Lawu yakni di Kabupaten Magetan dan Ngawi di Jawa Timur, serta Kabupaten Karanganyar di Jawa Tengah.

Selain penghijauan, untuk lebih mengoptimalkan upaya pelestarian alam yang dilakukan, juga dilaksanakan aksi pembersihan sampah-sampah plastik. Ia mengungkapkan, tak kurang dari 50 ton sampah plastik telah berhasil dibersihkan.

Danrem berharap, melalui aksi penghijauan yang telah dilakukan, masyarakat akan semakin sadar dan peduli dalam menjaga kelestarian alam, khususnya di kawasan Gunung Lawu.

Dengan kepedulian dalam menjaga kelestarian alam, Danrem menilai, hal itu sudah sebagai upaya untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya bencana alam, baik itu banjir maupun tanah longsor.

Terlebih menurutnya, setelah terjadinya Karhutla di Gunung Lawu beberapa waktu lalu yang mengakibatkan ribuan hektare lahan terbakar dan menjadi gundul, maka tidak menutup kemungkinan, bencana itu akan menjadi ancaman yang serius.

Untuk itu, Danrem mengajak untuk bersyukur dengan menjaga dan merawat berbagai bibit pohon yang telah ditanam dalam aksi penghijauan yang telah dilakukan.

“Mari kita sama-sama bersyukur, melalui gerakan penghijauan yang diinisiasi langsung oleh bapak Kasad, lahan-lahan bekas kebakaran yang awalnya gersang, kini telah dapat ditanami kembali. Sekarang tinggal tugas kita untuk menjaga keberlangsungannya agar tetap tumbuh,” terangnya.

Sedangkan terkait bansos yang diberikan dalam Baksos kali ini, Danrem menegaskan, hal itu sebagai bentuk kehadiran TNI AD untuk membantu dan mengatasi kesulitan masyarakat, serta bentuk apresiasi dari Kasad terhadap keterlibatan masyarakat dalam upaya pelestarian Gunung Lawu.

“Bapak KASAD berterima kasih atas upaya dari seluruh masyarakat yang telah peduli dan terjun langsung, baik dalam proses pemadaman Karhutla maupun penghijauan yang telah dilakukan. Semoga, bantuan sosial yang diberikan akan dapat bermanfaat untuk meringankan kebutuhan hidup sehari-hari,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Bupati Magetan Hergunadi berterima kasih atas upaya penghijauan dan pembersihan sampah yang telah dilakukan. Ia menilai, upaya itu akan berdampak bagi kelestarian alam di Gunung Lawu dan masyarakat yang tinggal di sekitarnya.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Magetan mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak KASAD, juga bapak Danrem yang telah melaksanakan penghijauan dan pembersihan sampah-sampah plastik bersama masyarakat di Gunung Lawu, sehingga bermanfaat bagi kita semua,” bebernya.

Lebih dari itu, Hergunadi juga berpesan kepada masyarakat agar ikut memelihara bibit pohon yang telah ditanam dan lebih aktif lagi berpartisipasi dalam menjaga kelestarian alam di Gunung Lawu.

“Semoga ke depannya kita akan lebih sadar dan peduli,” katanya.

(arwang/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *