Cegah DBD, Kodim 0906/Kukar Lakukan Fogging 

Kodim246 Views
Tindakan fogging di sekitaran lingkungan asrama dan kantor Makodim 0906/Kukar yang berada di jalan KH. Ahmad Mukhsin, Kelurahan Timbau, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kukar, Rabu (6/12/2023). (foto: Pendim 0906)

KUKAR – Wabah DBD (Demam Berdarah Dengue) yang disebabkan oleh virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti telah menjadi perhatian serius di berbagai daerah, Kodim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr) bersama instansi kesehatan dari Denkesyah (Detasemen Kesehatan Wilayah) 06.04.01 Samarinda melakukan langkah preventif dengan melaksanakan tindakan fogging di sekitaran lingkungan asrama dan kantor Makodim yang berada di jalan KH. Ahmad Mukhsin kelurahan Timbau kecamatan Tenggarong kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Rabu (6/12/2023).

Tindakan ini dilaksanakan sebagai upaya mengantisipasi serta mencegah munculnya penyakit DBD dilingkungan kompleks Kodim 0906/Kkr dengan cara membunuh nyamuk khususnya pembawa (vektor) penyakit Demam Berdarah Dengue.

“Fogging adalah tindakan pengasapan dengan menggunakan bahan pestisida yang bertujuan untuk membunuh nyamuk secara luas, dimana kegiatan ini merupakan metode pengendalian vektor yang efektif untuk menekan populasi nyamuk penyebab DBD”, ungkap Kasdim 0906/Kkr Mayor Inf. Mahfudz.

“Namun perlu diingat, tindakan ini hanya membunuh nyamuk dewasa saja tidak untuk larva, telur, ataupun jentik nyamuk, oleh karena itu kami menghimbau kepada masyarakat dan khususnya anggota Kodim Kukar untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan guna memutus siklus hidup nyamuk Aedes aegypti”.

Tindakan yang bisa kita lakukan diantaranya adalah mengubur barang bekas yang dapat menampung air, menutup tempat penampungan air, selalu menguras bak mandi dan menaburkan bubuk abate di tempat penampungan air yang sulit dibersihkan”, pungkasnya.

(anto/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *