Buka Persami Saka Wira Kartika 2024, Pangdam V/Brawijaya Tekankan Soal Pramuka Peduli Lingkungan

Kodam161 Views
Pangdam V/Brawjjaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay saat membuka Persami Pramuka Saka Wira Kartika TA 2024 di Buperta Coban Talun, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Sabtu (3/2/2024). (foto: pendam v/brw)

BATU – Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) Pramuka Saka Wira Kartika TA 2024 telah sukses dilaksanakan di Buperta Coban Talun, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu Malang pada hari Sabtu (3/2/2024).

Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) V/Brawijaya, Mayjen TNI Rafael Granada Baay, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak panitia yang telah merencanakan dan menyiapkan kegiatan ini dengan baik.

“Harapan saya, kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana untuk meningkatkan pengetahuan tentang Kepramukaan, tetapi juga memberikan pemahaman yang mendalam tentang kesadaran terhadap lingkungan, yang merupakan tanggung jawab moral seluruh lapisan masyarakat, termasuk anggota Pramuka,” ujar Pangdam.

TNI AD, lanjutnya, melaksanakan pembinaan kepramukaan Saka Wira Kartika sebagai bentuk tanggung jawab moral dan panggilan jiwa untuk membina serta membentuk generasi muda bangsa yang memiliki karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat.

“Harapannya, generasi muda nantinya mampu mengisi kemerdekaan dengan berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” tegas Pangdam.

Kegiatan Persami ini, lanjut Pangdam, diselenggarakan dengan tujuan memberikan pengalaman berharga dan menanamkan nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin, serta kepedulian terhadap melestarikan lingkungan dan alam sekitar kepada generasi muda.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat mengembalikan fungsi hutan sebagai paru-paru dunia, membangun kembali habitat alam dan ekosistem yang terancam, serta mencegah pemanasan global yang semakin mengkhawatirkan,” harap Pangdam.

Mayjen TNI Rafael Granada Baay juga memberikan pesan kepada seluruh peserta kegiatan agar mengikuti Persami ini dengan sebaik-baiknya.

“Ilmu dan pengalaman yang diperoleh diharapkan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan harapan ini, terbentuk generasi muda yang disiplin, mandiri, memiliki semangat bela negara, serta memiliki rasa kepedulian dan bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan alam sekitar,” tukasnya.

Persami Pramuka Saka Wira Kartika TA 2024 ini, lanjutnya, menjadi momentum yang berharga bagi generasi muda dalam berkontribusi menjaga alam dan mencintai sesama manusia.

Untuk diketahui, tema kegiatan Persami ini adalah “Bersatu dengan Alam: Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah”, yang memiliki makna yang harmonis dengan poin Dasa Darma Pramuka yang kedua, yaitu “Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia”. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya melestarikan lingkungan, tetapi juga memberikan pemahaman tentang pentingnya kasih sayang dan kepedulian terhadap sesama manusia.

(arh/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *