Babinsa Ungkap Peran Tokoh Agama Dalam Pembinaan Umat Dan Pembangunan Bangsa

Babinsa391 Views

SRAGEN – Untuk meningkatkan masyarakat yang berkualitas dan berdaya saing, antara lain dengan meningkatan ketaatan beragama yang terwujud dalam sikap dan perilaku sosial sebagaimana sejalan dengan nilai-nilai luhur yang terkandung didalam ajaran agama. Serta tentunya dalam upaya menumbuhkembangkan wawasan keagamaan yang lapang dan toleran selaras dengan wawasan kebangsaan dan kebhinekaan dan menjadi pusat kajian keagamaan dan sumber belajar masyarakat membuat Sertu Darmadi, Babinsa Desa Plosokerep Koramil 02/Karangmalang Kodim 0725/Sragen melaksanakan komunikasi sosial (komsos) dengan tokoh agama Dukuh Klimput RT 14, Desa Plosokerep, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen, Jumat (31/3/2023).

Pada media ini, Sertu Darmadi mengatakan bahwa saat ini bangsa dan negara Indonesia sedang membangun peradaban dan citra bangsa kembali mengingat peradaban bangsa kita yang dikenal luhur, agamis dan santun mulai luntur.

“Berbagai persoalan tak henti-hentinya muncul mulai persoalan krisis akhlak, krisis kepercayaan, krisis ekonomi dan krisis lainnya silih berganti,” ujarnya.

Oleh karena itu, menurut Sertu Darmadi, agama sebetulnya mempunyai kedudukan dan peranan yang sangat penting dan strategis, utamanya sebagai landasan spiritual, moral dan etika dalam hidup dan kehidupan umat manusia.

“Agama sebagai sistem nilai harus dipahami, dihayati dan diamalkan oleh seluruh pemeluknya dalam tatanan kehidupan setiap individu, keluarga dan masyarakat serta menjiwai kehidupan berbangsa dan bernegara,” tandasnya.

Selain itu, Sertu Darmadi menekankan bagaimana peran tokoh agama sebagai seorang figur atau panutan dalam masyarakat yang mempunyai kedudukan dan pengaruh besar di tengah-tengah masyarakatnya.

“Karena memiliki keunggulan, baik dalam ilmu pengetahuan, integritas, dan lain sebagainya. Tokoh agama pun berperan sebagai pemimpin masyarakat, sebagai imam dalam masalah agama dan masalah kemasyarakatan yang memiliki dampak dalam pembangunan bangsa,” pungkasnya.

(ark/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *