Babinsa Kodim 0208/AS Ikut Bekuk Sindikat Pencurian Rel Kereta Api di Kisaran

Babinsa558 Views
Barang bukti 50 batang rel KA ukuran 3,8 mater milik PT KAI yang dicuri dengan menggunakan truk Colt Diesel BB 8248 RA yang dikemudikan Suprianto di Asahan, Sumatera Utara pada Jumat (24/2/2023) dini hari kini diamankan. (foto: istimewa)

 

MEDAN – Babinsa Kodim 0208/Asahan ikut membekuk sindikat pencurian rel Kereta Api (KA) yang beraksi di wilayah Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Jumat (24/2/2023) dinihari pukul 00.30 Wib. Aksi ini dilakukan Babinsa bersama Tim Polsuska Kota Kisaran.

Dandim 0208/Asahan, Letkol Inf Franki Susanto, SE, dalam keterangannya yang diterima Kapendam I/BB, Kolonel Inf Rico J Siagian, SSos, Selasa (28/2/2023) menjelaskan, aksi pencurian terjadi di Kelurahan Sentang, Kecamatan Kota Kisaran Timur.

“Sebanyak 50 batang rel KA ukuran 3,8 mater milik PT KAI dicuri dengan menggunakan truk Colt Diesel BB 8248 RA yang dikemudikan Suprianto,” jelas Kapendam.

Suprianto yang diamankan tim gabungan Babinsa dan Polsuska di perlintasan KA Jln Sudirman Kisaran mengaku disuruh Paiman untuk menjemput batangan rel KA senilai Rp 400 juta itu ke daerah Sentang.

“Namun, dalam perjalanan menuju Pematangsiantar, truk yang dibawa warga Lorong Baja, Kelurahan Pondok Sayur, Kota Pematangsiantar itu dihentikan tim gabungan, dan kini kasusnya telah diserahkan ke Polres Asahan untuk proses hukum selanjutnya,” urai Kapendam.

Atas prestasi Babinsa Kodim 0208/Asahan ini, Pangdam I/BB, Mayjen TNI A Daniel Chardin, SE, MSi, memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih.

“Pangdam I/BB memuji aksi Babinsa yang peduli terhadap kondusifitas wilayah binaannya. Semoga hal seperti ini bisa memicu semangat Babinsa lainnya untuk berbuat yang terbaik kepada Rakyat, Bangsa dan Negara Indonesia tercinta,” ungkap Kapendam meneruskan arahan Pangdam I/BB.

(rils/bus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *