Apel Kesiapsiagaan, Sinergitas TNI-Polri Di Wilayah Korem Wijayakusuma Siap Jaga Kondusifitas Jelang Pemilu 2024

Korem201 Views
Ratusan personel gabungan TNI-Polri di wilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma saat tengah ikuti apel kesiapsiagaan Kodam IV/Diponegoro, Rabu (17/1/2024). (foto: Prabowo)

BANYUMAS – Ratusan personel gabungan TNI-Polri di wilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma, ikuti apel kesiapsiagaan Kodam IV/Diponegoro dalam rangka menjaga dan mengamankan kondusifitas wilayah menjelang Pemilu 2024, pada 14 Februari 2024 mendatang.

Apel kesiapsiagaan yang dilaksanakan serentak di seluruh wilayah jajaran Kodam IV/Diponegoro, untuk wilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma dilaksanakan di dua wilayah eks Karesidenan yakni eks karesidenan Banyumas (wilayah selatan) dan eks Karesidenan Pekalongan (wilayah utara).

Wilayah eks Karesidenan Banyumas (selatan), apel gelar pasukan beserta kendaraan, berlangsung di Makorem 071/Wijayakusuma dipimpin langsung Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma, S.Sos., M.M., M.Han., diikuti personel Kodim 0701/Banyumas, Kodim 0702/Purbalingga, Kodim 0703/Cilacap, Kodim 0704/Banjarnegara, Denpom IV/1 Purwokerto, Denkesyah 04.06.01 Purwokerto, Ajenrem 071/Wijayakusuma, Yonif 405/Surya Kusuma, Yonif 406/Candra Kusuma, Lanal Cilacap, Lanud Jenderal Besar Sudirman Purbalingga, Polresta Banyumas dan Kompi Brimob Purwokerto.

Di wilayah eks Karesidenan Pekalongan (utara), apel gelar pasukan dipimpin Danrindam IV/Diponegoro berlangsung di Mabrigif-4/Dewa Ratna Tegal, diikuti personel beserta kendaraan dari Kodim 0710/Pekalongan, Kodim 0711/Pemalang, Kodim 0712/Tegal, Kodim 0713/Brebes, Kodim 0736/Batang, Brigif-4/Dewa Ratna, Yonif 407/Padma Kusuma, Lanal Tegal, Satradar Tegal, Sub Denpom Tegal, Polres Tegal, dan Kompi Brimob Pekalongan.

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma, S.Sos., M.M., M.Han., selaku pimpinan apel kesiapsiagaan di Makorem 071/Wijayakusuma membacakan amanat Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tandyo Budi Revita menyampaikan, diselenggarakannya apel kesiapsiagaan ini untuk mengecek dan memastikan kesiapan pasukan dan perlengkapan satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro dalam menghadapi tugas pengamanan Pemilu yang saat ini sedang berlangsung rangkaian tahapannya.

Dikatakannya bahwa tahapan pemilu memiliki potensi konflik tinggi dan kompleks, untuk itu guna menjamin keamanan dan kelancaran pesta demokrasi tersebut, seluruh komponen dituntut untuk mampu bekerjasama mewujudkan stabilitas keamanan dan kondusifitas wilayah.

“Kita tidak boleh mengesampingkan potensi konflik sekecil apapun dan harus mengantisipasi agar tidak berkembang menjadi konflik besar yang dapat mengancam keutuhan negara,” tegas Pangdam.

Pangdam juga menekankan agar semuanya harus berpegang teguh pada integritas dan komitmen netralitas TNI.

“Netralitas adalah komitmen kita untuk tidak berpolitik praktis dan tidak mendukung salah satu calon yang saat ini sedang berkontestasi. Hal itu, tidak bisa ditawar-tawar lagi karena menjadi kunci kepercayaan masyarakat terhadap institusi TNI”, jelasnya.

Pangdam juga menjelaskan, apel kesiapsiagaan pengamanan Pemilu 2024 ini digelar serentak melibatkan satuan TNI AD, TNI AU, TNI AL, Polri dan Linmas yang dilaksanakan di 8 titik lokasi di wilayah Provinsi Jateng dan DIY dengan jumlah 5.610 personel. Dan selanjutnya, gelar pasukan siaga 1 peleton akan disiagakan di masing-masing Kodim serta di wilayah Korem disiapkan 1 SSK satuan batalyon yang stand by di satuan masing-masing.

Sementara itu, dalam jumpa persnya, Danrem 071/Wijayakusuma mengatakan, terkait dengan situasi saat ini menjelang Pemilu, masih kondusif namun kita juga melaksanakan upaya upaya cipta kondisi kemudian juga melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial dan mengajak kepada seluruh masyarakat untuk melaksanakan pemilu dengan damai dan berperan aktif bersama komponen lainnya bersama menjaga kondusifitas wilayah.

“Antisipasi kita lakukan dengan melihat data prediksi kerawanan yang mungkin terjadi dan potensi yang mungkin muncul, sehingga kita merangkul dan mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga kondusifitas wilayah sehingga tercipta pesta demokrasi yang damai.” katanya.

Danrem juga berpesan untuk seluruh jajaran, agar tetap stand by dan siap serta berkoordinasi dengan aparat Polri dan Pemda untuk bersama-sama mencegah dini terhadap hal-hal yang bisa menimbulkan kekacauan atau hal-hal yang berpotensi menjadi Pemilu ini tidak menjadi damai.

Terkait dengan Peralatan, Danrem mengungkapkan secara umum sudah siap, baik itu kendaraan maupun peralatan-peralatan yang melekat masing-masing personel sudah kita yakinkan siap sampai dengan nanti kita pelaksanaan di pilpres kita juga masih mendukung.

Untuk memastikan kesiapan personel dan perlengkapannya, Danrem 071/Wijayakusuma beserta Kapolresta Banyumas, Danlanal Cilacap, Danlanud Jenderal Besar Sudirman Purbalingga, PJ Bupati Banyumas beserta Forkopimda Banyumas Raya, mengecek personel dan kelengkapannya.

(prabowo/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *