TNI AL Ajak Generasi Muda Optimis Raih Impian

Angkatan Laut135 Views
Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Markos saat memberikan pembekalan kepada peserta Pelantara XI Pramuka Saka Bahari di Aula Hang Tuah Lanal Biak, Papua, Rabu (22/11/2023). (foto: Dispenal)

PAPUA – “Sebagai generasi muda masa depan bangsa, harus memiliki optimisme yang tinggi dalam meraih cita-cita”. Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Potensi Maritim Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Aspotmar Kasal) Mayor Jenderal TNI (Mar) Markos, saat memberikan pembekalan kepada peserta Pelayaran Nusantara (Pelantara) XI Pramuka Saka Bahari, bertempat di aula Hang Tuah Lanal Biak, Rabu (22/11/2023).

Dalam keterangan tertulisnya pada awak media yang diterima redaksi, Kamis (23/11/2023), disebutkan bahwa Pelantara XI merupakan kegiatan pembinaan dan pembentukan National Character Building generasi muda bangsa sebagai calon pemimpin masa depan, yang diselenggarakan oleh TNI AL dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Saka Bahari. Kegiatan ini melibatkan 380 anggota Pramuka Saka Bahari dari 34 daerah di Indonesia, sekaligus sebagai salah satu kegiatan dalam mensukseskan Sail Teluk Cenderawasih di Biak, Papua.

Lebih lanjut dalam kesempatan tersebut, Mayjen TNI Markos menerangkan berbagai hal yang harus disiapkan oleh para pemuda dalam menuju Indonesia Emas 2045. “Pentingnya pembentukan karakter kepada generasi muda sejak dini serta perlunya motivasi untuk mencapai cita-cita yang ingin diraih mutlak harus dimiliki oleh para pemuda Indonesia,” katanya.

Selama pelayaran Pelantara, para peserta mendapatkan berbagai materi kebaharian serta melaksanakan latihan terpadu. Selain itu juga pada pelayaran ini membawa sebanyak 5.300 paket bantuan untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan khususnya masyarakat yang ada di daerah pesisir.

Kegiatan Pelantara XI Sail Teluk Cendrawasih, merupakan implementasi nyata dari program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali yaitu TNI AL sebagai salah satu garda terdepan bangsa memiliki peran serta tidak hanya untuk menjaga pertahanan tetapi juga membangun kemaritiman dan kebaharian generasi muda bangsa.

(barat/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *