Sambut Hari Juang TNI AD Ke-78, Kodim Wonogiri Berikan Ini Pada “Ibu Kandung”nya

Kodim310 Views
Beberapa kegiatan yang dilakukan Kodim 0728/Wonogiri dalam menyambut Hari Juang TNI AD Ke-78 Tahun 2023. (foto: arda72)

WONOGIRI – Hari Juang TNI AD diperingati setiap 15 Desember. Peringatan Hari Juang TNI AD sendiri berlatar pada peristiwa bersejarah yaitu Pertempuran Ambarawa pada 1945. Untuk menyambut Hari Juang TNI AD ke 78 tahun 2023, Kodim 0728/Wonogiri melaksanakan beberapa kegiatan.

Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Edi Ristriyono yang sedang melaksanakan dinas luar melalui Kasdim Mayor Inf Iman Maulana Sirod menyampaikan bahwa ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan Kodim 0728/Wonogiri dalam menyambut Hari Juang TNI AD, yakni bakti sosial berupa donor darah yang kemarin dilaksanakan di Kecamatan Kismantoro dan pada hari ini, Kamis (14/12/2023), dilaksanakan kegiatan Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan(TMP) Kusuma Bangsa.

Selain itu, dilaksanakan juga kegiatan karya bakti berupa pembersihan pasar, terminal dan selokan di Kecamatan Manyaran dan Kecamatan Sidoharjo, penanaman pohon di Dusun Nglempung, Desa Tegalharjo, Kecamatan Eromoko, serta bakti sosial berupa pemberian santunan dan sembako kepada veteran, warakawuri, anak yatim piatu dan fakir miskin di Aula Makodim.

Melalui Kasdim, Letkol Inf Edi Ristriyono menambahkan, Tema Peringatan Hari Juang TNI AD kali ini adalah “ TNI Angkatan Darat Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI “, yang menjadi pengingat bahwa ‘ibu kandung’ prajurit TNI AD adalah rakyat. Oleh karenanya, TNI AD tidak boleh melupakan rakyat dan sebaliknya TNI AD harus selalu di hati rakyat.

“Melalui peringatan ini, diharapkan dapat mengungkit kembali semangat juang korps prajurit TNI Angkatan Darat dalam meningkatkan pengabdian kepada negara dan bangsa, Memantapkan kemanunggalan TNI Angkatan Darat dengan Rakyat, karna TNI lahir dari rakyat, untuk rakyat dan akan terus berjuang bersama rakyat,” ucapnya.

Kegiatan ini, lanjutnya, merupakan wujud kepedulian dan rasa kasih sayang TNI AD terhadap seluruh elemen masyarakat.

“Semoga serangkaian kegiatan yang dilaksanakan dapat membawa berkah serta dapat memupuk tali silaturahmi, menjalin komunikasi, sekaligus mempererat persaudaraan dengan mewujudkan dalam satu ikatan keluarga besar kodim 0728/Wonogiri yang harus tetap dijaga dengan baik, demi menjaga persatuan dan kesatuan,” pungkasnya.

(arda72/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *