Rajut Kerukunan Umat Beragama, Danrem Wijayakusuma Hadiri Open House Keuskupan Purwokerto

Korem211 Views
Kasrem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Catur Irawan saat menghadiri Open House Keuskupan Purwokerto di Pascalis Hall Purwokerto, Banyumas, Selasa (26/12/2023). (foto: ist)

PURWOKERTO – Merajut untuk memperkokoh kerukunan umat beragama di Banyumas, Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma, S.Sos., M.M., M.Han., yang diwakili Kasrem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Catur Irawan, S.I.P., M.I.P., masih dalam suasana Natal, menghadiri Open House yang diselenggarakan Keuskupan Purwokerto di Pascalis Hall Purwokerto, Banyumas, pada Selasa (26/12/2023).

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma, S.Sos., M.M., M.Han., melalui Kasrem 071/Wijakusuma Letkol Inf Catur Irawan, S.I.P., M.I.P., mengatakan, kerukunan umat beragama sangat penting sebagai pondasi dalam menciptakan keharmonisan antar lapisan masyarakat yang berbeda.

“Kerukunan beragama adalah hubungan antar umat beragama yang dilandasi toleransi, saling pengertian dan saling menghormati dalam pengamalan ajaran agama serta kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara”, ungkapnya.

“Kerukunan umat beragama itu sendiri sebagai modal menjaga persatuan dan kesatuan demi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia”, terangnya.

Danrem berharap, untuk menjaga dan merawat itu semua, dibutuhkan sinergi dan kolaborasi segenap unsur baik komponen yang ada diwilayah maupun elemen masyarakatnya dapat berperan aktif dalam membina kerukunan antar umat beragama dan peka terhadap situasi yang sedang berkembang saat ini dan harus mampu menjadi pilar pemersatu bangsa.

Danrem juga mengatakan, kerukunan umat beragama di Banyumas sangat baik, dan kedepannya hal itu dapat terus terbina dengan baik dan tetap menjadi contoh wilayah lain khususnya diwilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma. “Pupuk terus budaya toleransi dan kegotongroyongan antar umat beragama ini, sebagai modal merekatkan ke-Bhinnnekaan khususnya kerukunan umat beragama demi kokohnya persatuan dan kesatuan”, pungkasnya.

Terkait dengan kegiatan ini, Danrem mengungkapkan, kegiatan yang diselenggarakan Keuskupan Purwokerto ini sangat baik dan positif, sebagai moment kita untuk merajut dan memperkuat kerukunan umat beragama yang ada di Banyumas.

Open house Keuskupan Purwokerto di hadiri tokoh agama yang tergabung dalam Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Banyumas, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, beserta elemen dan komponen masyarakat lainnya.

(prabowo/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *