Prajuritnya Mudik Lebaran, Pangdam V/Brawijaya Pesan Begini

Kodam103 Views
Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay saat memimpin apel bersama di Kodam V/Brawijaya, Surabaya, Jumat (5/4/2024). (foto: pendam v/brw)

Surabaya, – Panglima Komando Daerah Militer V/Brawijaya (Pangdam V/Brawijaya), Mayjen TNI Rafael Granada Baay, memimpin apel bersama di Kodam V/Brawijaya dalam rangka pemberangkatan cuti Lebaran.

Dalam apel tersebut, Pangdam V/Brawijaya memberikan arahan dan himbauan kepada para prajuritnya yang akan melaksanakan mudik Lebaran.

Dalam sambutannya, Pangdam V/Brawijaya mengingatkan seluruh prajurit untuk berhati-hati dalam perjalanan mudik.

“Hati-hati dalam perjalanan mudik. Jika sudah terasa lelah, harus tetap beristirahat, walaupun sudah dekat dengan tujuan. Saat mendekati tujuan, seringkali terjadi kecelakaan seperti yang terjadi di daerah Ngawi atau Magetan, di mana seharusnya istirahat namun tetap dilanjutkan perjalanan,” ujar Pangdam V/Brawijaya.

Pangdam V/Brawijaya juga mengingatkan tentang lonjakan arus mudik yang diprediksi terjadi tahun ini.

“Untuk itu, saya mengingatkan kembali untuk berhati-hati, karena tahun lalu jumlah pemudik mencapai 127 juta, sedangkan tahun ini diprediksi akan mencapai 193 juta, naik sebesar 50 persen. Lonjakan arus mudik ini tentu akan meningkatkan potensi terjadinya kecelakaan dan permasalahan lainnya,” tambahnya.

Selain itu, Pangdam V/Brawijaya juga menegaskan tugas prajurit selama cuti adalah menjauhkan diri dari semua permasalahan yang melanggar hukum.

“Tugas kalian adalah tugas cuti, jadi hindarilah semua permasalahan yang melanggar hukum, seperti melanggar lalu lintas yang dapat menimbulkan korban, memiliki sikap arogansi, penyalahgunaan narkoba, perilaku asusila, dan perbuatan lainnya yang melanggar aturan dan merugikan pribadi maupun satuan,” tegas Pangdam V/Brawijaya.

“Saya Pangdam V/Brawijaya, beserta staf dan keluarga besar Kodam V/Brawijaya, mengucapkan Minal Aidzin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin serta selamat hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M. Semoga kita semua dapat menjalankan ibadah dengan khidmat dan merayakan hari kemenangan ini dengan penuh sukacita,” tutupnya.

Dengan himbauan dan arahan ini, diharapkan para prajurit Kodam V/Brawijaya dapat melaksanakan mudik Lebaran dengan aman, tertib, dan menjaga kepatuhan terhadap aturan serta tetap memelihara citra baik TNI di tengah masyarakat.

(arh/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *