Pimpin Sertijab Pangkoarmada III, Laksdya TNI Heru Kusmanto: Harus Tanggap Perkembangan Situasi Keamanan!

Angkatan Laut168 Views
Pangkoarmada RI Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto saat memimpin upacara sertijab Pangkoarmada III di Lapangan Arafuru, Mako Koarmada RI, Jakarta Pusat, Senin (27/11/2023). (foto: Dispenal)

JAKARTA – Panglima Koarmada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto, memimpin upacara serah terima jabatan Jabatan Panglima Komando Armada III (Pangkoarmada III) yang diserahterimakan dari Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi kepada Laksamana Muda TNI Hersan di Lapangan Arafuru, Mako Koarmada RI, Jakarta Pusat, Senin (27/11/2023).

Pada sambutannya, Pangkoarmada RI menyampaikan bahwa Pangkoarmada III harus senantiasa mengantisipasi kemungkinan ancaman potensial dan aktual di wilayah kerjanya.

“Serta harus tanggap terhadap perkembangan situasi keamanan di wilayah kerja terutama dalam menghadapi tahun politik 2024 dan kelompok kriminal bersenjata (KKB),” ujarnya.

Selain itu, Pangkoarmada RI juga menekankan dan mengingatkan kepada pejabat baru, disamping tantangan tugas yang ada, juga harus secepatnya beradaptasi dengan lingkungan, menyesuaikan dengan perubahan-perubahan strategis yang ada.

“Di pundak Laksamana lah diletakkan tanggung jawab yang sangat besar dalam menjamin rasa aman dan terselenggaranya kepentingan nasional di wilayah kerjanya,” tegas Laksda TNI Heru Kusmanto.

Usai menjabat sebagai Pangkoarmada III, Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi selanjutnya akan menjabat sebagai Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI. Sedangkan Laksamana Muda TNI Hersan sebelum menjabat sebagai Pangkoarmada III menjabat sebagai Sekmilpres Kemensetneg RI.

Profil Laksda TNI Hersan

Laksda TNI Hersan yang merupakan lulusan Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-40 tahun 1994. Ia adalah putra kelahiran Toboali, Bangka pada 7 Juli 1970 dengan karier penugasan pertamanya di TNI AL yaitu di KRI Oswald Siahaan-354 tahun 1994, sampai akhirnya menjadi Komandan di beberapa KRI hingga tahun 2014 sebagai Komandan KRI Slamet Riyadi-352.

Laksda Hersan, pada tahun 2014-2016 menjadi Ajudan Presiden Joko Widodo dan selanjutnya mengikuti Pendidikan Sesko TNI dan Lemhannas tahun 2022. Jabatan perwira tinggi bintang satu sebelum menjabat Pangkoarmada III yaitu sebagai Asrena Kogabwilhan II dan Komandan Guspurla Koarmada II, kemudian tahun 2022 menjabat sebagai Sekmilpres Kemensesneg dengan pangkat bintang dua atau Laksamana Muda TNI.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menegaskan bahwa, peran penting setiap organisasi dalam jajaran TNI Angkatan Laut harus dilaksanakan secara optimal dan berkelanjutan.

“Untuk itulah, dibutuhkan adanya regenerasi yang tepat dalam menjamin berputarnya roda organisasi agar terus bergerak dan melaju seperti yang diharapkan,” ujar KASAL.

(barat/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *