Pertama Ikuti Latgab, Pangdam XVIII/Kasuari Tekankan Persiapan Matang dan Maksimal Pada Prajuritnya

Kodam355 Views
Apel gelar kesiapan Latgab TNI TA. 2023 di Lapangan Makodam, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Jumat (16/6/2023). (foto: pendam XVIII)

MANOKWARI – Walaupun baru pertama kali ikuti Latihan Gabungan (Latgab), Kodam XVIII/Kasuari ingin tampil berkualitas hal ini dibuktikan dengan jauh hari sebelum pelaksanaan Latgab, Komando Tugas Pendaratan Gabungan (Kogasratgab) Kodam XVIII/Kasuari sudah menggelar seluruh personelnya beserta perlengkapan yang akan digunakan, melalui apel gelar kesiapan Latgab TNI TA. 2023 di Lapangan Makodam, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Jumat (16/6/2023).

Dalam arahannya, Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos., menyampaikan bahwa sangat penting untuk dilakukan pengecekan dan memastikan sejauh mana kesiapan seluruh satuan yang terlibat dalam mendukung Latgab ini.

“Baik dalam aspek fisik maupun non fisik, kemudian dinyatakan benar-benar siap mendukung pelaksanaan Latgab yang nantinya akan diselenggarakan pada bulan Juli di wilayah Kodam XVIII/Kasuari dan kesiapan dalam mendukung Latgab ini harus diawali dari kesiapan prajuritnya,” ujarnya.

Guna memastikan kesiapan dalam mendukung kegiatan Latgab, lanjut Pangdam, hari ini dilaksanakan pemeriksaan tingkat Kodam meliputi pengecekan personel, perlengkapan perorangan, perlengkapan satuan dan alutsista yang akan digunakan sehingga semua siap untuk mendukung kegiatan.

“Saya berharap, jika masih ditemukan kekurangan dalam pemeriksaan tingkat Kodam hari ini, pada pemeriksaan tingkat lanjutan yang dilakukan satuan atas oleh Mabesad atau Mabes TNI, kekurangan tersebut tidak ditemukan lagi, dengan bekal kemampuan personel dan bekal latihan yang telah kita laksanakan selama ini di tingkat satuan, maka saya yakin kedudukan kita sebagai Kogasratgab dalam organisasi latihan Latgab TNI TA. 2023, dengan kepercayaan diri yang tinggi kegiatan ini akan dapat kita laksanakan dengan baik dan lancar, sehingga dapat meningkatkan kemampuan profesional kita dalam melaksanakan tugas pengabdian di wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya,” harapnya.

Mengakhiri arahannya, Pangdam dalam atensinya kepada seluruh personel yang ikut dalam kegiatan tersebut pertama agar senantiasa pelihara dan tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Manfaatkan sisa waktu yang ada untuk menyempurnakan kesiapan, baik secara perorangan maupun satuan, tingkatkan kepekaan dan kepedulian unsur pimpinan di semua strata jabatan sesuai dengan lingkup tugas dan tanggung jawabnya, jaga kondisi moril prajurit sehingga tidak akan terjadi pelanggaran yang dapat membuat citra buruk satuan dan menghambat kesiapan Latgab,” pintanya.

“Tekankan terus tentang pengamanan personel, materiil, berita, dokumen dan kegiatan, lakukan koordinasi sebaik-baiknya dengan instansi terkait guna kelancaran pelaksanaan latihan dan segera sosialisasikan kegiatan Latgab TNI TA. 2023 ini kepada seluruh masyarakat terutama di sekitar daerah latihan, agar dapat mendukung dan berkerjasama menyukseskan kegiatan Latgab TNI,” pungkas Pangdam.

Sebelum gelaran apel kesiapan dimulai, sebelumnya dipimpin langsung oleh Pangdam yang didampingi oleh Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Yusuf Ragainaga dan diikuti oleh Irdam XVIII/Kasuari, Kapoksahli Pangdam, Danrindam, para Asisten, para Kabalakdam dan seluruh Dansat jajaran mendengarkan paparan yang disampaikan oleh Pamen Ahli Pangdam XVIII/Kasuari bidang Manajemen Sishanneg terkait kesiapan Latgab TNI TA. 2023, di ruang Yudha Makodam.

Perlu diketahui bahwa, tujuan Latgab ini selain untuk meningkatkan profesionalisme prajurit TNI dalam melaksanakan operasi militer gabungan, juga untuk meningkatkan dan menguji kemampuan prajurit dan satuan TNI dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan mekanisme operasi gabungan secara tepat guna dan berhasil dalam rangka menghadapi kemungkinan kontinjensi yang diperkirakan akan terjadi.

(jhon/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *