Pererat Ukhuwah, Pangdam V/Brawijaya Buka Puasa dan Sholat Tarawih Bersama Prajurit

Kodam132 Views
Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granda Baay saat momen berbuka puasa dan sholat taraweh bersama ratusan prajurit Kodam V/Brawijaya di Balai Prajurit, Makodam V/Brawijaya, Surabaya, Kamis (22/3/2024). (foto: pendam v/brw)

Surabaya, – Balai Prajurit Kodam V/Brawijaya Surabaya menjadi lokasi acara yang mempertemukan antara Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granda Baay, S.E., M.M., Ketua Persit KCK PD V/Brawijaya, dan 400 prajurit dibawah bimbingan Kolonel Inf Abdul Razak Rangkuti, S.Sos., M.Han., M.Si. selaku Aspers Kasdam V/Brawijaya.

Dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Jumat (22/3/2024) disebutkan bahwa acara tersebut diselenggarakan dengan maksud untuk mempererat Ukhuwah Islamiyah atau persaudaraan antar umat Islam dan sebagai ajang silaturahmi bagi para prajurit yang bertugas dibawah Kodam V/Brawijaya.

Berbagai kegiatan dilakukan selama acara tersebut. Buka puasa diiringi penampilan hadrah dari Yonif Raider 500/Sikatan. Mayjen TNI Rafael Granada Baay dan Ketua Persit KCK PD V/Brawijaya membagikan santunan kepada anak yatim piatu sembari anggota Yonif Raider 500/Sikatan membacakan ayat suci Alquran.

Dalam kesempatan itu, video aktivitas Mayjen TNI Rafael Granda Baay dan Ibu Lisa Fikadila Rafael Granada Baay juga diperlihatkan kepada hadirin.

Ceramah keagamaan disampaikan oleh Dr. KH. RP Ahmad Mujahid Ansori.M. Si, menyoroti pentingnya bulan suci Ramadhan, pentingnya keikhlasan dan pengendalian diri selama berpuasa, serta peluang keberkahan yang ditawarkan Ramadhan.

Dalam ceramah tersebut, sang da’i mengajak para prajurit untuk mengambil barokah, yaitu limpahan kebaikan dan keberkahan yang dianugerahkan Allah kepada orang-orang yang bertakwa, sehingga memudahkan mereka dalam meraih kesuksesan hidup dan pengabdian kepada negara.

Dr.KH. RP Ahmad Mujahid Ansori.M. dalam ceramah juga menyinggung perlunya persatuan dan persaudaraan, Tentara didorong untuk berpartisipasi dengan menjaga persatuan dan kesatuan dengan mendamaikan perpecahan anak bangsa yang berbeda pandangan politik.

Acara diakhiri dengan salat Maghrib dan Tarawih berjamaah, dilanjutkan dengan pemutaran pertandingan sepak bola antara Indonesia dan Vietnam. Secara keseluruhan, acara buka puasa dan salat Tarawih merupakan ajang sukses bagi para prajurit untuk berkumpul, mempererat tali silaturahmi, dan merefleksikan tugas dan tanggung jawabnya terhadap negara.

(arh/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *