Panglima TNI Hadiri Penyerahan DIPA dan Buku Daftar Aplikasi TKD TA 2024

POLITIKANA190 Views
Jenderal TNI Agus Subiyanto saat menghadiri penyerahan DIPA dan Buku Daftar Alokasi TKD Tahun Anggaran 2024 yang dilaksanakan secara digital oleh Presiden RI Joko Widodo, bertempat di Istana Negara Jl. Veteran, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2023). (foto: puspen TNI)

JAKARTA – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) Tahun Anggaran 2024 yang dilaksanakan secara digital oleh Presiden RI Joko Widodo, bertempat di Istana Negara Jl. Veteran, Gambir, Jakarta Pusat, pada Rabu (29/11/2023).

Dalam kesempatan tersebut, ada lima pesan yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo diantaranya, bahwa Kementerian/Lembaga harus menggunakan anggaran dengan sebaik-baiknya dan sesuai peruntukannya.

“Pesan pertama, Kementerian /Lembaga harus menggunakan anggaran secara disiplin, teliti dan tepat sasaran”, ucap Presiden Jokowi.

“Pesan yang kedua utamakan transparansi dan akuntabilitas, jangan sampai ada celah sedikitpun dalam penggunaan anggaran yang berkaitan dengan korupsi, tutup celah itu,” sambung Presiden Jokowi.

Selanjutnya, pesan yang ketiga, Kepala Negara berpesan pelaksanaan anggaran dipercepat realisasinya.

“Jangan sampai akhir tahun penyerapannya masih rendah,” ujar Jokowi.

Presiden melanjutkan, Kementerian dan Lembaga agar menyiapkan antisipasi ketidakpastian melalui automatic adjusment.

Selanjutnya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya penguatan sinergi dan harmonisasi kebijakan pemerintah pusat.

“2024 adalah tahun terakhir periode pemerintah ini, saya pesan agar anggaran dioptimalkan, tuntaskan pembangunan yang belum selesai untuk memperkuat fondasi bagi pemerintah yang akan datang,” pungkas Presiden Jokowi.

(barat/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *