KASAL Pastikan Program Kerja TNI AL Terlaksana Sesuai Target

Diferensia1038 Views
 Rapat Kerja Teknis Pengawas (RAKERNISWAS) TNI Angkatan Laut Tahun 2023 di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (22/2/2023). (foto: istimewa)

 

JAKARTA – “Dalam sebuah organisasi, fungsi pengawasan berperan penting untuk memastikan setiap kegiatan program kerja terlaksana sesuai sasaran yang ditetapkan. Pengawasan menjamin ketaatan terhadap aturan dan ketentuan yang berlaku sehingga terhindar dari penyimpangan, penyelewengan maupun inefisiensi.”

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Muhammad Ali melalui amanat tertulis yang dibacakan Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono saat membuka Rapat Kerja Teknis Pengawas (RAKERNISWAS) 2023 di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (22/2/2023) .

Rakerniswas Inspektorat TNI AL merupakan tindak lanjut Rapat Koordinasi Pengawasan Inspektorat TNI dan Kementerian Pertahanan yang bertujuan mengevaluasi pelaksanaan program kerja pengawasan yang dilaksanakan sepanjang tahun 2022.

“Rakerniswas juga menjadi wahana pembinaan dan peningkatan peran Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) guna mewujudkan pelaksanaan pengawasan yang efektif, transparan dan akuntabel, sehingga dapat menghasilkan program kerja pengawasan yang lebih berkualitas,” ujar Wakasal dalam sambutannya.

Mengakhiri sambutannya, Wakasal berharap agar kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-
baiknya sebagai media bertukar pikiran, berbagi informasi dan penyampaian saran masukan,serta evaluasi atas pelaksanaan tugas-tugas pengawasan yang telah dilaksanakan.

“Forum ini diharapkan dapat menghasilkan kontribusi pemikiran yang positif dan konstruktif dalam menjamin tercapainya tujuan organisasi dan keberhasilan pelaksanaan program dan kegiatan, termasuk realisasi belanja anggaran,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam rangkaian Rakorniswas TNI AL 2023 ini, selain disampaikan hasil pengawasan selama tahun 2022 dan evaluasinya juga disampaikan peningkatan peran strategis Apip sebagai Trusted Advisor oleh Kepala Deputi BPKP bidang PIP Bidang Polhukam Iwan Taufiq Purwanto. Rapat koordinasi yang mengusung tema “Peningkatan Peran Strategis APIP sebagai Trusted Advisor Guna Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik Melalui Penerapan Manajemen Risiko Dan Pengendalian Intern Yang Efektif Di Lingkungan TNI AL” diikuti secara langsung oleh para pejabat utama Mabesal, para Inspektorat Kotama TNI AL, dan secara virtual oleh para staf Inspektorat Kotama TNI AL.

(rils/bus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *