Ini Tujuan Kodim Wonogiri Gelar Tes Kesemaptaan Jasmani

Kodim328 Views
Kodim 0728/Wonogiri menggelar tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik l tahun 2023, Selasa (16/5/2023). (foto: Arda 72) 

WONOGIRI – Guna mengetahui tingkat kesegaran jasmani prajurit, Kodim 0728/Wonogiri menggelar tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik l tahun 2023, Selasa (16/5/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan dilapangan Stadion Pringgodani tersebut, diikuti prajurit jajaran Kodim 0728/Wonogiri yang meliputi Perwira, Bintara dan Tamtama. Sesuai jadwal, Garjas periodik dilaksanakan selama tiga hari yakni mulai hari ini, Selasa (16/5/2023) hingga Kamis (18/5/2023).

Pj. PasiPers Kapten Cpm Suparmin menjelaskan bahwa, Garjas periodik merupakan program yang dilaksanakan setiap enam bulan sekali, dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik prajurit, sekaligus mengukur kemampuan kesemaptaan jasmani secara berkala.

Dirinya berharap, dengan adanya Garjas periodik yang dilakukan dapat diketahui sejauh mana pembinaan yang dilakukan oleh satuan, sekaligus sebagai bahan evaluasi untuk program ke depan.

Adapun kesegaran jasmani yang dilaksanakan meliputi, Garjas A yakni lari 12 menit. Garjas B, meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up, Lunges, Shuttle Run dan ketangkasan renang dasar. Garjas periodik, yang sebelumnya dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Dandim Letkol Inf Deny Octavianto saat memantau langsung kegiatan berharap, kegiatan garjas dapat berjalan lancar dan aman, sehingga maksud dan tujuan pelaksanaan suatu kegiatan dapat tercapai, dengan tidak mengesampingkan keselamatan anggota.

“Selain pelaksanaan kegiatan dapat berjalan lancar yang utama adalah factor keamanan personel, sehingga tujuan dari garjas tercapai yaitu untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik prajurit, sekaligus mengukur kemampuan kesemaptaan jasmani secara berkala,” tandas Dandim.

(Arda 72).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *