Hadiri ANCM Ke-17 di Filipina, KASAL Tekankan Sinergi Antar AL Negara ASEAN

Angkatan Laut237 Views

 

KASAL Laksamana TNI Muhammad Ali saat menghadiri Forum Asean Navy Chief’s Meeting (ANCM) ke-17 Tahun 2023 di Filipina, Kamis (11/5/2023). (foto: Dispenal)

JAKARTA – Stabilitas dan perdamaian kawasan Indo-Pasifik khususnya Kawasan Asia Tenggara menjadi topik pembicaraan yang dibahas dalam forum Asean Navy Chief’s Meeting (ANCM) ke-17 Tahun 2023 di Filipina yang dihadiri Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, Kamis (11/5/2023).

Dalam keterangan tertulisnya pada media ini, Jumat (12/5/2023) malam, Dispenal menyebutkan bahwa KASAL hadir sebagai ketua delegasi TNI Angkatan Laut menyampaikan pandangan dan upaya yang dilakukan TNI AL  dalam memajukan kerja sama maritim ASEAN, serta berbagi pengalaman dan inisiatif yang dapat memperkuat sinergi di antara negara-negara anggota ASEAN.

Tiga hal strategis yang disampaikan KASAL yaitu mempromosikan kerjasama antara personil di bidang pelatihan, pendidikan, workshop, seminar dan dialog strategis.

Hal kedua yang disampaikan adalah kerjasama maritim dalam rangka peningkatan pemahaman bersama dan mengedepankan solusi damai guna menghadapi tantangan dan ancaman di kawasan.

Dan poin terakhir yang disampaikan dalam forum tersebut adalah menjamin keberlangsungan lingkungan maritim untuk menjaga sumber daya kelautan dan menjaga biodiversity laut.

KASAL menjelaskan telah melaksanakan pertemuan-pertemuan secara intens agar lebih mudah dalam berkoordinasi melalui pelaksanaan latihan-latihan maupun patroli secara terkoordinasi khususnya di perbatasan-perbatasan antara Indonesia dengan negara ASEAN sehingga semuanya sepakat untuk menjaga stabilitas kawasan di laut khususnya negara ASEAN.

Untuk diketahui, ANCM merupakan ajang tahunan yang memberikan kesempatan kepada Kepala Staf Angkatan Laut ASEAN untuk berdiskusi, bertukar pendapat, dan merumuskan langkah-langkah yang efektif dalam menjawab tantangan keamanan maritim regional.

Dalam ANCM ke-17 ini, peserta mengeksplorasi tema utama “Synergy at Sea: Regional Cohesion for Peace and Stability“ yang mencerminkan pentingnya kolaborasi di antara negara-negara ASEAN untuk mencapai tujuan bersama dalam membangun keamanan dan stabilitas maritim.

Selain itu, TNI AL juga mengikuti International Fleet Review (IFR) dengan menghadirkan KRI I Gusti Ngurah Rai-332 di Pelabuhan Subic, Filipina. Laksamana TNI Muhammad Ali beserta Kepala Staf Angkatan Laut negara ASEAN hadir untuk memberikan kehormatan di atas kapal Angkatan Laut Filipina Davao del Sur (LD-602) yang merupakan kapal buatan PT PAL, Indonesia.

Event berskala internasional ini akan berlangsung selama 3 hari berakhir mulai Rabu (10/5/2023) hingga Jumat (12/52023) dan TNI AL terus melaksanakan strategi diplomasi maritim guna mewujudkan pertahanan maritim melalui forum kerja sama strategis untuk memperluas kerja sama bilateral dan multilateral antara negara-negara ASEAN.

Turut mendampingi KASAL dalam event tersebut Asintel Kasal Mayjen TNI Mar Suaf Yanu, Asops Kasal Laksda TNI Denih Hendrata, Koorsahli Kasal Laksda TNI Tunggul Suropati, Waasrena Kasal Laksma TNI Hudiarto Krisno Utomo dan Paban V Straops dan Diplomasi Sopsal Kolonel Laut (P) Robert Marpaung.

(rils/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *