Dukung Program Pemerintah, Kodim 0724/Boyolali Manfaatkan Lahan Untuk Ketahanan Pangan

Kodim158 Views
Prajurit TNI dari Kodim 0724/Boyolali dipimpin Kapten Inf Sariyanto saat melaksanakan pemantauan serta perawatan rutin tanaman jagung di tanah demplot Kodim 0724/Boyolali di Dukuh Surodadi, Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jumat (15/3/2024). (foto: agus kemplu)

Boyolali, – Dalam rangka mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan, anggota staf teritorial Kodim 0724/Boyolali yang dipimpin Pasiter Kodim 0724/Boyolali Kapten Inf Sariyanto melaksanakan pemantauan serta perawatan secara rutin untuk meningkatan hasil panen jagung di tanah demplot milik Kodim 0724/Boyolali yang berlokasi di Dukuh Surodadi, Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, pada Jumat (15/3/2024).

Pada media ini, Kapten Inf Sariyanto di sela-sela kegiatan menyampaikan program ketahanan pangan juga  merupakan program unggulan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., guna membantu program ketahanan pangan pemerintah untuk swasembada pangan Indonesia.

Pasiter menambahkan bahwa pemantauan dan perawatan jagung ini rutin dilakukan pihaknya dalam upaya meningkatkan hasil panen nantinya.

“Juga untuk menjaga ketersediaan dan meningkatkan produksi pangan bagi masyarakat di wilayah teritorial Kodim 0724/Boyolali. Jadi kita rutin melaksanakan perawatan jagung diantaranya penyemprotan hama dan rumput liar,” ungkapnya.

Menurut Kapten Inf Sariyanto, program ketahanan pangan Kodim 0724/Boyolali sendiri memanfaatkan lahan seluas 20 Ha. Lahan seluas itu ditanami jenis varietas bibit Jagung NK 212 Perkasa dengan umur tanam 99 hari.

“Dan sejak 13 Desember 2023 sampai hari ini sudah mencapai ketinggian 215 cm sampai dengan 230 cm. Kami perkirakan rencana panen pada 20 Maret 2024 mendatang,” imbuhnya.

Menurut Pasiter, kehadiran TNI AD di tengah masyarakat salah satunya adalah untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan produktivitas pertanian rakyat.

”TNI harus hadir di tengah kesulitan rakyat. Harus memberikan solusi dan TNI harus hidup berdampingan dengan rakyat, apapun kegiatannya,” pungkasnya.

(kemplu/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *