Dukung Penurunan Stunting, Kodim Purwakarta Gelar Gebyar Teritorial Bantuan Pangan

Kodim319 Views
Komandan Kodim 0619/Purwakarta dalam pembukaan Gebyar Teritorial Bantuan Pangan untuk Percepatan Penurunan Stunting di wilayah Kelurahan Purwamekar, tepatnya di Jalan Taman Pahlawan, Kabupaten Purwakarta, Jumat (9/6/2023). (foto: Richo)

PURWAKARTA – Kodim 0619/Purwakarta bersama PT Indorama juga Pemerintah Daerah Purwakarta gelar Gebyar Teritorial Bantuan Pangan untuk Percepatan Penurunan Stunting di wilayah Kelurahan Purwamekar, tepatnya di Jalan Taman Pahlawan, Kabupaten Purwakarta, Jumat (9/6/2023).

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Kodim 0619/Purwakarta bersama PT. Indorama, dan Pemerintah Daerah Purwakarta. Acara ini diikuti oleh masyarakat sekitar dan 1000 orang peserta.

Dalam sambutannya, Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi S.sos.Msi, mengucapkan terima kasih kepada bupati Purwakarta yang telah berkolaborasi dan Bersinergi, seperti apa yang telah dilakukan pada saat kunjungan Pangdam lll Siliwangi di Kabupaten Purwakarta.

“Kolaborasi ini jangan sampai setelah kunjungan pangdam lll Siliwangi kita hanya bekerja secara seremonial,” ucap Dandim.

Selain itu, Dandim juga mengucapkan terima kasihnya kepada PT indorama yang telah menunjukkan bahwa perusahaan itu tidak hanya hadir melaksanakan kegiatan, tetapi ada dampak positif yang bisa diberikan sebagai bentuk tanggung jawab sosial terhadap lingkungan dan juga masyarakat yang ada di wilayah Purwakarta.

“Alhamdulillah berkat kerjasama dan juga hasil kita berdiskusi berawal dari warung kopi, sebenarnya hanya berdiskusi silaturahmi halal bihalal setelah lebaran, alhamdulillah ternyata dari PT indorama memberi sedikit bantuan pangan,” kata Dandim.

Lanjutnya, bahwa sesuai arahan yang disampaikan oleh Bapak presiden bahwa beliau berharap di Indonesia stunting di bawah dari 14%.

“Klarifikasi dari DPPKB bahwa memang perlu sedikit bantuan pangan untuk mengentaskan stunting,” ujarnya.

Dandim juga berharap kepada Bupati Purwakarta untuk berdiskusi dengan perusahaan yang lain untuk bekerjasama dalam kegiatan pelayanan publik.

“Mungkin atas izin bupati purwakarta nantinya kita juga akan ikut membantu berdiskusi dengan Perusahaan-perusahaan yang lain, apabila perusahaan maupun pabrik yang lain juga bekerja sama, bekerja seperti dengan apa yang dilakukan oleh PT Indorama,” tuturnya.

Dandim juga mengatakan bahwa semua ini terwujud karena adanya sinergitas dan kolaborasi, karena apabila hanya Kodim dan Pemda serta apabila hanya pabrik bekerja sendiri-sendiri, mungkin tidak akan bisa terwujud.

“Kita akan terus mendukung kegiatan pelayanan publik yang dilakukan oleh Bupati Purwakarta karena sesuai perintah harian Kasad bahwa Kodim Purwakarta TNI akan terus hadir berada di tengah-tengah masyarakat dan senantiasa menjadi solusi,” jelas Dandim.

Di tempat disampaikan juga Aliaman Saragih dari PT Indorama dalam sambutannya bahwa perusahaan tersebut akan memberikan 150 paket bantuan kepada anak-anak yang mengalami stunting di bawah usia 5 tahun.

Harapannya, agar bantuan ini dapat sedikit membantu anak-anak tersebut dan mengingatkan pentingnya peran mereka sebagai calon pemimpin di masa depan.

Hadir pada acara tersebut, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Afandi S.sos.Msi, Asep Komara Staf Ahli Pemda Purwakarta, Ibu Ida Hamida Kepala Dinas Kesehatan Anak Purwakarta, Jaya Pranolo Kepala Dinas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Purwakarta, Aliaman Saragih Ketua Apindo Kabupaten Purwakarta, Bpk Yani Sekretaris Dinas BPKB Kabupaten Purwakarta, Aan Camat Kota Purwakarta, dan para lurah/kades se-Kecamatan Purwakarta.

(richo/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *