Dukung Ketahanan Pangan, Babinsa Koramil Kemusu Bantu Dan Memonitor Hasil Panen

Babinsa484 Views
Sertu M Azis saat membantu petani menjemur gabah dan jagung di Desa Kendel, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali, pada Jumat (17/3/2023). (foto: agus kemplu)

BOYOLALI – Babinsa Koramil 18/Kemusu Kodim 0724/Boyolali Sertu M Azis melakukan kegiatan ketahanan pangan membantu petani menjemur gabah dan jagung di Desa Kendel, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali, pada Jumat (17/3/2023).

Proses pengolahan gabah menjadi beras melalui proses pemanenan, perontokan pengeringan penggilingan dan penyimpanan gabah.

Gabah dengan kadar air demikian tidak dapat langsung digiling karena kulitnya masih cukup basah sehingga sukar pecah dan terkupas. Gabah perlu di keringkan hingga kadar airnya berkisar 14% basis basah.

Jika gabah tidak segera di keringkan akan terjadi kerusakan pada butir beras yang akan di hasilkan ditandai dengan warna beras yang tidak bagus.

“Selaku Babinsa, kami akan terus melaksanakan pendampingan khusus kepada seluruh kelompok tani di wilayah binaan saya. Kita ingin, semua petani kita sejahtera dan ekonomi bisa membaik dengan hasil panen yang berkualitas,” ucap Babinsa

Sementara itu Ibu Sumiati ( 65 ) sangat mengapresiasi kepedulian Babinsa Koramil Kemusu kepada para petani. Mulai dari musim tanam, monitoring tanaman padi, hingga panen.

“Dengan pendampingan oleh TNI maupun petugas PPL pertanian, maka semua petani lebih semangat dan memiliki pengetahuan terkait cara bertani yang baik, supaya mendapat hasil yang maksimal,” tutup Ibu Sumiati.

(agus kemplu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *