Danlantamal IV Mengajak Pelajaran & Masyarakat Batam Berkunjung dan Mengenal Lebih Dekat KRI Bima Suci

Angkatan Laut218 Views
Komandan Lantamal IV Batam Laksamana Pertama TNI Kemas M Ikhwan Madani sambut langsung kedatangan KRI Bima Suci-945 dalam rangka pelaksanaan kegiatan ASEAN Cadet Sail 2023 di Dermaga Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau. Kamis (6/4/2023). (foto: Lantamal IV)

BATAM – Komandan Lantamal IV Batam Laksamana Pertama TNI Kemas M Ikhwan Madani, S.Sos., M.Si., didampingi Ketua Korcab IV DJA I Ny. Reini Kemas pimpin serta menyambut secara langsung kedatangan KRI Bima Suci-945 dalam rangka pelaksanaan kegiatan ASEAN Cadet Sail 2023 di Dermaga Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau, pada Kamis (6/4/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para Cadet (taruna) calon pemimpin Angkatan Laut masing-masing negara di ASEAN untuk berinteraksi dan bertukar fikiran sambil berlayar dan saat ini telah tiba di Batam.

Asean Cadet Sail merupakan program usulan TNI Angkatan Laut (TNI AL) pada 16th Asean Navy Chief Meeting (ANCM) diikuti oleh perwakilan cadet (taruna) dari negara ASEAN diantaranya Kamboja, Malaysia, Singapora, Thailand, Vietnam serta Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat IV angkatan ke-68.

Setelah dari BATAM, rencananya KRI Bima Suci akan melanjutkan pelayaran untuk muhibah dalam rangka mendukung latihan Taruna AAL.

Kapal ini akan menempuh jarak 25.871 Nautical mile dengan rute pelayaran : Surabaya- Batam-Srilanka-Oman-Arab Saudi-Mesir- Algeria- Perancis-Belanda-Inggris-Norwegia-Skotlandia-Jerman-Spanyol-Tunisia.

Danlantamal IV menyampaikan bahwa “kita menyambut kedatangan KRI Bima Suci dalam rangka kegiatan ASEAN Cadet Sail yang merupakan kelanjutan dari ASEAN Cadet seminar. Jadi sebelum melaksanakan pelayaran mereka melaksanakan seminar terlebih dahulu di Akademi Angkatan Laut (AAL) dan seminar diikuti oleh perwakilan- perwakilan Taruna AL dari negara ASEAN kemudian dilanjutkan dengan ASEAN Cadet Sail”.

Adapun tujuannya, lanjutnya, untuk menjalin hubungan, berinteraksi antar Taruna yang dimana mereka juga merupakan calon pimpinan di Angkatan Laut atau pimpinan angkatan bersenjata bahkan menjadi calon pemimpin dari negara-negara ASEAN nantinya.

“Jadi dengan mempererat hubungan persahabatan dan kemudian juga untuk membuktikan hubungan antar negara sangat baik dan untuk menjamin bahwa kerjasama terutama antara angkatan bersenjata di negara ASEAN itu berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari salah satu dari tiga peran Angkatan Laut dari semua negara, yaitu diplomasi Angkatan Laut.

KRI Bima Suci dijadwalkan berada di Batam hingga hari Senin (10/4/2023) mendatang. Karenanya, ia meminta jajarannya untuk memanfaatkan kesempatan tersebut sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat yang ada di Batam.

“Selain itu, kita juga mengajak 32 siswa Pramuka Saka Bahari dan perwakilan dari beberapa sekolah yang ada di Batam agar supaya mereka lebih mencintai lingkungan lautnya dan kita juga berharap ke depan mereka dapat berinteraksi dengan Taruna AAL serta berinteraksi dengan Taruna negara sahabat agar termotivasi menjadi seperti mereka nantinya,” harapnya.

Untuk diketahui, dibawah kepemimpinan Komandan Letkol Laut (P) M. Sati Lubis, KRI Bima Suci akan berlayar selama 214 hari yang akan ditempuh sekitar tujuh bulan terhitung mulai tanggal 2 April hingga November 2023 mendatang, dengan pelayaran didalam negeri 32 hari dan 182 hari pelayaran diluar negeri.

Hadir dalam kegiatan tersebut para Pejabat Utama (PJU) Danlantamal IV, para Kasatker Lantamal IV, pengurus Korcab IV DJA I, siswa Pramuka Saka Bahari serta masyarakat sekitar yang akan berkunjung ke KRI Bima Suci.

(rils/darma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *