Dandim Wonogiri Dampingi Kapolres Pimpin Apel Deklarasi “Jateng Zero Knalpot Brong”

Kodim221 Views
Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Edi Ristriyono saat menghadiri Apel Deklarasi “Jateng Zero Knalpot Brong” di GOR Giri Mandala, Minggu (14/1/2024). (foto: arda72)

WONOGIRI – Komandan Kodim (Dandim) 0728/Wonogiri Letkol Inf Edi Ristriyono menghadiri Apel Deklarasi “Jateng Zero Knalpot Brong” untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif dalam rangka pemilu damai 2024, yang bertempat di GOR Giri Mandala, pada Minggu (14/1/2024).

Selaku pimpinan apel, Kapolres AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah dengan didampingi Dandim 0728/Wonogiri dalam amanatnya mengatakan, lalu lintas merupakan sentral dari seluruh kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Budaya tertib berlalu lintas menjadi ciri bagi masyarakat, sehingga dibutuhkan peran serta seluruh lapisan masyarakat, baik Pemerintah, Polri, Akademi, Mahasiswa, Pelajar dan seluruh stakeholder lalu lintas dan angkutan jalan untuk dapat menerapkannya sebagai kebutuhan rasa aman bagi setipa individu,” ujarnya.

Kapolres menjelaskan bahwa pelanggaran lalu lintas periode tahun 2023 diantaranya knalpot brong sebanyak 1.132 kejadian, E-TLE 10.277 kejadian, tilang manual 4.090 kejadian dan teguran 4.317 kejadian.

Sementara di periode Januari 2024 jumlah pelanggaran knalpot brong yakni, tilang yang terinput sebanyak 118, razia knalpot brong sebanyak 218, tindakan teguran 428 dan jumlah barang bukti yang tersita berupa sepeda motor sebanyak 117 dan knalpot brong sebanyak 200 buah.

Polri selaku penegak hukum, lanjutnya, sangat mengharapkan seluruh masyarakat Wonogiri memiliki rasa tanggungjawab sebagai warga negara yang baik dan dapat menunjukkan citranya sebagai elemen masyarakat dengan memberi contoh yang baik terhadap keluarga dan masyarakat sekitarnya.

“Kami sangat mengharapkan dan menghimbau kepada elemen masyarakat yang hadir untuk benar-benar tertib dan berdisiplin dijalan raya, mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan, serta alat pemberi isyarat lalulintas, serta melengkapi kendaraannya sesuai dengan ketentuan yang ada, khususnya terkait penggunaan knalpot,” tandasnya.

Selesai melaksanakan apel dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi zero knalpot brong serta pemotongan knalpot brong.

(arda72/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *