Dandim Boyolali: Pancasila Telah Mendarah Daging Sebagai Dasar Negara! 

Kodim106 Views
Dandim 0724/Boyolali Letkol Inf Wiweko Wulang Widodo bersama unsur Forkopimda Kabupaten Boyolali saat menghadiri upacara peringatan hari lahir Pancasila Tahun 2024 di lapangan Pancasila, Desa Cepogo, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Sabtu (1/6/2024). (foto: agus kemplu)

Boyolali, – Komandan Kodim (Dandim) 0724/Boyolali Letkol Inf Wiweko Wulang Widodo, S Pd M Han bersama unsur Forkopimda Kabupaten Boyolali menghadiri upacara peringatan hari lahir Pancasila Tahun 2024 di lapangan Pancasila, Desa Cepogo, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, pada Sabtu (1/6/2024).

Bertindak sebagai inspektur upacara (irup) pada kegiatan tersebut adalah Bupati Boyolali Bapak M Said Hidayat, SH. dan Komandan Upacara Danramil 05/Ampel Kodim 0724/Boyolali Kapten Inf Eko Yanu Prasetiono.

Peringatan hari lahir Pancasila pada Tahun ini mengusung tema dengan slogan Pancasila jiwa pemersatu bangsa menuju Indonesia emas Tahun 2045. Pengambilan tema ini bermakna bahwa Pancasila telah menyatukan seluruh bangsa Indonesia dengan segala perbedaannya. Persatuan ini diharapkan dapat menyongsong 100 Tahun Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Di tempat yang sama, Letkol Inf Wiweko Wulang Widodo, S Pd M Han menegaskan bahwa peringatan hari lahir Pancasila begitu penting dan memiliki tempat khusus dalam sejarah Indonesia.

“Karena Pancasila telah mendarah daging sebagai dasar negara Indonesia,” tegasnya.

“Peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni sebagai bentuk mengamalkan Pancasila sebagai tindakan dan pelaksanaan pengarusutamaan Pancasila sebagai panduan dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” imbuh Dandim.

Pada momentum ini, Dandim juga mengajak seluruh masyarakat untuk memberikan apresiasi dan penghormatan setinggi-tingginya kepada founding fathers atas warisan luhur Pancasila yang dapat dirasakan sampai saat ini.

“Ucapan terimakasih dan penghargaan juga patut diberikan kepada seluruh generasi penerus bangsa yang telah menanamkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Dandim.

(kemplu/tommy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *