Cegah Gangguan Kamtibmas Selama Ramadhan, Polres Jakbar, 3 Pilar Dan Masyarakat Gelar Operasi Gabungan

POLRI47 Views
Polres Metro Jakarta Barat saat menggelar kegiatan Apel Operasi Cipta Kondisi Gabungan, Minggu (17/3/2024) pagi dan titik Pos Pantau Polsek Kalideres sebagai wujud implementasi operasi gabungan. (foto: humas polres Jakbar)

Jakarta, – Dalam upaya menjaga ketertiban dan keamanan di wilayahnya, Polres Metro Jakarta Barat menggelar kegiatan Apel Operasi Cipta Kondisi Gabungan.

Kegiatan ini dilaksanakan bersama dengan Tiga Pilar Kalideres, elemen masyarakat, dan organisasi masyarakat dalam rangka patroli skala besar selama Ramadhan 1445 H.

Menurut Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol M. Syahduddi menyatakan bahwa Apel Operasi Cipta Kondisi Gabungan ini melibatkan sebanyak 150 personel gabungan yang berasal dari berbagai instansi, seperti TNI-Polri, Satpol PP, Citra Bhayangkara, Senkom, Pokdar PBNI, Pemuda Pancasila, Brigade 08, dan Banser.

“Mereka semua dilibatkan bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama bulan suci Ramadhan,” ujar Syahduddi saat dikonfirmasi awak media, Minggu (17/3/2024).

Syahduddi menjelaskan, kegiatan ini merupakan bentuk sinergi antara aparat kepolisian, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.

Sementara itu, dalam apel tersebut Kabag Ops Polres Metro Jakarta Barat AKBP Randi Ariana memberikan arahan dan motivasi kepada seluruh personel yang terlibat, untuk bekerja secara profesional dan tanggap dalam menghadapi situasi yang mungkin terjadi.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas seperti tawuran, aksi kriminalitas, serta potensi kerusuhan selama Ramadhan.

Hal ini dilakukan dalam upaya memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Patroli skala besar ini juga mencakup berbagai aspek, mulai dari penjagaan keamanan di tempat-tempat ibadah, pengawasan terhadap kegiatan masyarakat, hingga antisipasi terhadap potensi gangguan keamanan lainnya.

Di kesempatan yang sama, Kapolsek Kalideres Kompol Abdul Jana mengatakan, untuk wilayah Kalideres pihaknya telah mendirikan sebanyak 5 pos pantau.

“Tujuannya pos pantau 3 Pilar ini jika ada gangguan kamtibmas anggota yang berada di pos pantau terdekat dari kejadian bisa segera bertindak dan mendatangi lokasi,” terang Abdul Jana.

Seluruh personel yang terlibat diharapkan dapat bekerja secara koordinatif dan efektif untuk mencapai tujuan tersebut.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan situasi di wilayah hukum Polres Metro Jakarta Barat dapat tetap terkendali dan aman selama Bulan Ramadhan, sehingga umat Muslim dapat menjalankan ibadahnya dengan tenang dan khusyuk.

(rils/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *