Amankan Pemilu 2024, Korem 081/DSJ Kerahkan 3.664 Personel TNI

POLITIKANA174 Views
Danrem 081/DSJ, Kolonel Inf H. Sugiyono saat mengikuti Apel Siaga Pengawasan Pemilu yang diselenggarakan Bawaslu Kota Madiun di Stadion Wilis, Sabtu (10/2/2024). (foto: arwang)

MADIUN – Komitmen TNI untuk menjaga Pemilu 2024 berlangsung aman dan damai sangat penting untuk menjaga stabilitas keamanan negara. Sebagai aparat keamanan yang sekaligus institusi pertahanan negara, TNI memiliki tanggung jawab untuk memastikan kemananan selama proses berlangsungnya Pemilu.

Untuk mewujudkan komitmen tersebut, Korem 081/DSJ mengerahkan dan menyiagakan ribuan pasukannya dalam menghadapi dan mengamankan Pemilu 2024.

“Secara keseluruhan kita menyiapkan 3.664 personel yang tersebar di seluruh jajaran. Dari angka itu tugasnya bervariasi, ada yang BKO di masing-masing Polres, pengamanan TPS, patroli, hingga siaga di masing-masing satuan,” kata Danrem 081/DSJ, Kolonel Inf H. Sugiyono ditemui usai mengikuti Apel Siaga Pengawasan Pemilu yang diselenggarakan Bawaslu Kota Madiun di Stadion Wilis, Sabtu (10/2/2024).

“Khusus untuk di Kota Madiun, kita siapkan 90 personel yang BKO langsung ke Polres Madiun Kota, 179 personel pengamanan TPS, serta kita siagakan 1 SSK di Kodim dan 2 SST di Korem,” tambahnya.

Danrem menegaskan, sesuai undang-undang, tugas pengamanan yang dilakukan oleh satuannya itu merupakan tugas perbantuan terhadap Polri dalam mengamankan Pemilu 2024.

Ditanya netralitas TNI, ia menyebut, hal itu juga merupakan bagian dari komitmen TNI untuk mewujudkan Pemilu yang aman dan damai.

Tak lupa, Pamen TNI AD abituren Akmil 1995 itu mengajak masyarakat untuk turut menjaga kondusivitas wilayah selama proses pelaksanaan Pemilu.

“Kami TNI-Polri tentunya tidak bisa bekerja sendiri untuk mewujudkan Pemilu yang aman dan damai seperti harapan kita bersama. Untuk itu kami juga mengajak masyarakat supaya ikut berpartisipasi dengan peduli menjaga kondusivitas di wilayahnya masing-masing,” pungkasnya.

(arwang/tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *